Pengaruh model pembelajaran discovery terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi pada pembelajaran geografi siswa kelas XI IPS SMAN Bandarkedungmulyo Jombang / Ajihadin Bachtiar - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran discovery terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi pada pembelajaran geografi siswa kelas XI IPS SMAN Bandarkedungmulyo Jombang / Ajihadin Bachtiar

Bachtiar, Ajihadin (2018) Pengaruh model pembelajaran discovery terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi pada pembelajaran geografi siswa kelas XI IPS SMAN Bandarkedungmulyo Jombang / Ajihadin Bachtiar. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Bachtiar Ajihadin. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery terhadap Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Kelas X IPS 3 SMA Negeri Bandarkedungmulyo Jombang. Skripsi. Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Ardyanto Tanjung S.Pd. M.Pd (2) Drs. Marhadi S.K M.Si. Kata kunci Model Pembelajaran Discovery Berpikir Tingkat Tinggi Discovery merupakan jenis model pembelajaran yang digunakan untuk mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengaruh model pembelajaran discovery terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Pembelajaran dengan pendekatan saintifik dibutuhkan beberapa kemampuan diantaranya yaitu kemampuan berkomunikasi kreatif dan juga berpikir kritis. Kemampuan-kemampuan ini termasuk ke dalam kemampuan berpikir tingkat tinggi. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperimen) menggunakan Pretest-Posttest Control Group Design. Subjek penelitian ini yaitu dua kelas yang memiliki kemampuan setara berdasarkan data nilai hasil ulangan yang didapatkan dari guru mata pelajaran geografi. Dua kelas tersebut diantaranya kelas XI IPS 2 sebagai kelas eksperimen yang mendapatkan perlakuan dengan model pembelajaran Discovery dan kelas XI IPS 3 sebagai kelas kontrol yang diberi perlakuan dengan model konvensional. Instrumen yang digunakan berupa tes essay sejumlah 5 butir soal yang mengacu pada indikator kemampuan berpikir tingkat tinggi. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan tes yang dilakukan dua kali diberikan pada sebelum dan sesudah perlakuan. Teknik analisis data menggunakan uji-t dengan SPSS 16.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir tingkat tinggi kelas yang menggunakan model pembelajaran Discovery mendapatkan nilai rata-rata lebih baik dibandingkan kelas yang tidak menggunakan model pembelajaran Discovery. Hasil analisis yang dilakukan didapatkan bahwa nilai probabilitas sebesar 0 003 atau lebih rendah dari 0 05. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima yang artinya terdapat pengaruh signifikan penerapan model pembelajaran Discovery terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi pada pembelajaran geografi iswa kelas XI IPS SMAN Bandarkedungmulyo Jombang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Dec 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53757

Actions (login required)

View Item View Item