Pengaruh model discovery learning terhadap tingkat efikasi diri dan kemampuan berpikir spasial / Dhimas Bagus Virgiawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model discovery learning terhadap tingkat efikasi diri dan kemampuan berpikir spasial / Dhimas Bagus Virgiawan

Virgiawan, Dhimas Bagus (2018) Pengaruh model discovery learning terhadap tingkat efikasi diri dan kemampuan berpikir spasial / Dhimas Bagus Virgiawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Virgiawan Dhimas Bagus. 2018. Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Tingkat Efikasi Diri dan Kemampuan Berpikir Spasial. Tesis Program Studi Pendidikan Geografi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. I Komang Astina M.S. Ph.D (II) Dr. Dwiyono Hari Utomo M.Pd M.Si. Kata kunci model discovery learning efikasi diri berpikir spasial Discovery learning merupakan model pembelajaran yang berpusat pada peserta didik. Peserta didik memiliki kesempatan untuk terlibat secara aktif mengkonstruksikan pengetahuannya dalam pembelajaran sehingga mampu meningkatkan rasa percaya diri. Keyakinan atau rasa percaya diri yang tinggi mampu mempengaruhi pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran tercapai. Penerapan model discovery learning mampu meningkatkan rasa percaya diri (self efficay) peserta didik dalam proses pembelajaran. Peningkatan self efficacy dapat membantu pesserta didik mencapai tujuan pembelajaran dengan baik. Kemampuan berpikir spasial diperlukan bagi peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran geografi. Tujuan penelitian yaitu (1) mengetahui pengaruh model discovery learning terhadap tingkat efikasi diri (2) mengetahui pengaruh model discovery learning terhadap kemampuan berpikir spasial (3) mengetahui pengaruh tingkat efikasi diri terhadap kemampuan berpikir spasial. Rancangan penelitian mengunakan eksperimen semu. Subjek penelitian adalah kelas XI IPS 1 sebagai kelas kontrol dan XI IPS 3 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah masing-masing kelas 30 peserta didik. Data diperoleh dari angket efikasi diri soal pretest dan posttest untuk kemampuan berpikir spasial. Analisis data menggunakan two way ANNOVA. Hasil penelitian menunjukan (1) pembelajaran model discovery learning berpengaruh terhadap kemampuan tingkat efikasi diri (2) pembelajaran model discovery learning berpengaruh terhadap kemampuan berpikir spasial (3) tingkat efikasi diri berpengaruh terhadap kemampuan berpikir spasial. Berdasarkan temuan peneliti diajukan dua saran. Pertama guru dapat mempersiapkan topik permasalahan yang ada di sekitar lingkungan (kontekstual) sehingga pembelajaran lebih efektif dan mampu meningkatkan efikasi diri penggunaan peta tematik mampu meningkatkan kemampuan spasial peserta didik. Kedua bagi peneliti selanjutnya perlu adanya kesesuaian antara variabel yang diukur dengan materi yang akan digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 03 Dec 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53756

Actions (login required)

View Item View Item