Pengembangan media pembelajaran materi vulkanisme menggunakan augmented reality / Dewi Nur Halimah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran materi vulkanisme menggunakan augmented reality / Dewi Nur Halimah

Halimah, Dewi Nur (2018) Pengembangan media pembelajaran materi vulkanisme menggunakan augmented reality / Dewi Nur Halimah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Halimah Dewi Nur. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Materi Vulkanisme Menggunakan Augmented Reality. Skripsi Jurusan Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Budi Handoyo M.Si (2) Drs. Djoko Soelistijo M.Si. Kata Kunci Media Pembelajaran Augmented Reality Vulkanisme Media pembelajaran memiliki peran yang penting dalam proses belajar. Penggunaan media pembelajaran bertujuan untuk memudahkan penyampaian materi dan membuat siswa untuk terlibat aktif dalam pembelajaran. Sehingga perlu dikembangkannya media pembelajaran yang melibatkan siswa secara langsung dalam proses belajar. Pengembangan media pembelajaran harus diawali dengan identifikasi kebutuhan. Identifikasi kebutuhan ini meliputi identifikasi kurikulum karakteristik siswa serta kelemahan media yang sudah ada. Berdasarkan identifikasi kebutuhan yang telah dilakukan akan dikembangkan media pembelajaran materi vulkanisme menggunakan augmented reality. Media pembelajaran dengan augmented reality mampu memberikan gambaran akan suatu fenomena atau peristiwa yang terjadi. Vulkanisme merupakan materi pada mata pelajaran Geografi yang cocok untuk dikembangkan dengan augmented reality. Media pembelajaran ini dipadukan dengan smartphone dalam proses penggunaanya maka dapat mengurangi penyalahgunaan smartphone pada saat pembelajaran Penelitian ini menggunakan model pengembangan oleh Arief S. Sadiman. Prosedur pengembangan ini terdiri dari 7 tahapan yaitu identifikasi kebutuhan perumusan tujuan perumusan butir-butir materi perumusan alat pengukur keberhasilan pembuatan media tes/ uji coba dan revisi. Media hasil pengembangan telah melalui tahap validasi media dan materi. Hasil dari validasi digunakan sebagai acuan untuk melakukan perbaikan produk. Perbaikan dilakukan sebelum uji coba produk di sekolah. Berdasarkan hasil validasi dari ahli media dan ahli materi dinyatakan bahwa media yang dikembangkan sudah valid dengan beberapa perbaikan. Uji coba produk dilakukan untuk mengetahui penilaian siswa terhadap media hasil pengembangan. Uji coba produk dilakukan di SMAN 1 Talun kelas XI IBB yang berjumlah 35 siswa. Total skor yang diperoleh dari uji coba produk sebesar 1857 dengan persentase sebesar 88 42%. Berdasarkan total skor yang diperoleh menunjukkan bahwa media hasil pengembangan termasuk dalam kategori layak sehingga dapat digunakan sebagai media belajar di sekolah. Penelitian dan pengembangan ini masih memiliki kekurangan. Media ini hanya terdiri dari satu materi yaitu vulkanisme. Saran untuk peneliti selanjutnya yaitu mengembangkan media pembelajaran geografi dengan materi lain. Penelitian pengembangan juga perlu dikolaborasikan dengan tema penelitian lain seperti eksperimen untuk mengetahui efektivitas media yang dikembangkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Oct 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53754

Actions (login required)

View Item View Item