Penerapan model pembelajaran berbasis proyek pada mata pelajaran geografi untuk meningkatkan minat belajar dan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas X-IIS SMAN 1 Plosoklaten Kabupaten Kediri / Karina Rachmatul Fatin

Fatin, Karina Rachmatul (2018) Penerapan model pembelajaran berbasis proyek pada mata pelajaran geografi untuk meningkatkan minat belajar dan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas X-IIS SMAN 1 Plosoklaten Kabupaten Kediri / Karina Rachmatul Fatin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

I RINGKASAN Fatin Karina Rachmatul. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek pada Mata Pelajaran Geografi untuk Meningkatkan Minat Belajar dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas X-IIS 1 SMAN 1 Plosoklaten Kabupaten Kediri. Skripsi. Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Yusuf Suharto M.Pd. (II) Dra. Yuswanti Ariani Wirahayu M.Si. Kata Kunci Model Pembelajaran Berbasis Proyek Minat Belajar Kemampuan Berpikir Kreatif Penelitian ini dilatarbelakangi adanya permasalahan rendahnya minat belajar dan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas X-IIS 1 SMAN 1 Plosoklaten. Rendahnya minat belajar terlihat dari rendanya ketertarikan siswa pada kegiatan pembelajaran. Sedangkan redahnya kemampuan berpikir kreatif terlihat dari cara siswa menjawab soal yang cenderung seragam. Berdasarkan permasalahan tersebut maka perlu dilakukan penelitian penerapan model pembelajran yang dapat meningkatkan minat belajar dan kemampuan berpikir kreatif yaitu model pembelajaran berbasis proyek. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari kegiatan perencanaan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket yang dikembangkan berdasarkan indikator minat belajar yaitu 1) perasaan senang 2) ketertarikan 3) perhatian 4) keterlibatan dan soal essay yang dikembangkan berdasarkan indikator kemampuan berpikir kreatif yaitu 1) berpikir lancar 2) berpikir luwes 3) berpikir orisinal dan 4) keterampilan mengelaborasi. Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan di kelas X-IIS 1 pada mata pelajaran Geografi materi siklus penanggulangan bencana terdapat peningkatan skor angket minat belajar siswa. Pada tahap sebelum tindakan rata-rata skor minat belajar sebesar 53 14 dan pada tahap sesudah tindakan sebesar 74 5. Selain itu terdapat peningkatan pada nilai kemampuan berpikir kreatif. Pada siklus I rata-rata nilai kemampuan berpikir kreatif siswa siklus I sebesar 53 92 dan pada siklus II sebesar 73 78. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan minat belajar dan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas X-IIS 1 SMAN 1 Plosoklaten Kabupaten Kediri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Sep 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53752

Actions (login required)

View Item View Item