Penerapan model pembelajaran problem based learning berbantuan media visual untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelasw X IPS 1 SMA Negeri 6 Malang / Renita Putri Lestari

Lestari, Renita Putri (2018) Penerapan model pembelajaran problem based learning berbantuan media visual untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelasw X IPS 1 SMA Negeri 6 Malang / Renita Putri Lestari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Lestari, Renita Putri. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Visual Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Kelas X IPS 1 SMA Negeri 6 Malang. Skripsi. Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Budi Handoyo, M.Si (2) Dra. Yuswanti Ariani Wirahayu, M.Si. Kata kunci: Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Visual, Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi. Kemampuan berpikir tingkat tinggi pada abad 21 sangat penting dengan tujuan menjamin siswa memiliki keterampilan belajar dan berinovasi, salah satu keterampilan tersebut adalah penggunaan teknologi dan media informasi serta pengembangan kemampuan berpikir siswa. Namun, kemampuan siswa dalam berpikir tingkat tinggi masih rendah, hal tersebut dibuktikan dengan hasil observasi yang dilakukan peneliti seperti hasil ulangan harian siswa dengan nilai rata-rata 44,75 dan pembelajaran yang terjadi masih berpusat pada guru dengan penggunaan strategi pembelajaran konvensional menggunakan metode ceramah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa dengan menerapkan model PBL berbantuan media visual di kelas X IPS 1 SMA Negeri 6 Malang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus penerapan model pembelajaran. Pada setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subyek penelitian ini yaitu kelas X IPS 1 SMA Negeri 6 Malang yang berjumlah 33 siswa. Penelitian ini menggunakan instrumen berupa 3 soal essay yang mewakili masing-masing indikator untuk pengukuran kemampuan berpikir tingkat tinggi dan diberikan pada akhir siklus. Analisis hasil kemampuan berpikir tingkat tinggi dengan cara membandingkan nilai rata-rata siklus I dengan siklus II. Hasil penelitian menunjukan bahwa model PBL berbantuan media visual dapat meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas X IPS 1 SMA Negeri 6 Malang. Hasil penerapkan model PBL menunjukan bahwa nilai rata-rata kemampuan berpikir tingkat tinggi siklus I sebesar 50,91 pada siklus II nilai rata-ratanya meningkat menjadi 74,33. Peningkatan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa dari pra siklus ke siklus I sebesar 12,09%, dan siklus I ke siklus II sebesar 31,50%. Saran bagi guru seharusnya memperbaiki model pembelajaran yang dilakukan saat pembelajaran berlangsung sehingga mampu membuat siswa mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Sep 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53751

Actions (login required)

View Item View Item