Pengaruh pembelajaran group investigation terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran geografi kelas XI IPS MA Midanuttalim Jombang / Muhammad Rizal Dwi Firmansyah

Firmansyah, Muhammad Rizal Dwi (2018) Pengaruh pembelajaran group investigation terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran geografi kelas XI IPS MA Midanuttalim Jombang / Muhammad Rizal Dwi Firmansyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi RINGKASAN Firmansyah, Muhammad Rizal Dwi. 2018. Pengaruh Pembelajaran Grup Investigation Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Matapelajaran Geografi Kelas XI IPS MA Midanuttalim Jombang. Skripsi, Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Yusuf Suharto, M.Pd (2) Drs. Marhadi Slamet Kistiyanto M.Si Kata kunci: Group Investigation, Kemampuan Berpikir Kritis, Mata Pelajaran Geografi Kualitas guru merupakan unsure penting dalam meningkatkan mutu pendidikan. Guru tidak hanya menjadi sekedar menyampaikan ilmu pengetahuan saja, akan tetapi guru harus melaksanakan pembelajaran yang bermakna. Model dan metode pembelaran diperlukan oleh guru untuk mancapai tujuan pembelajaran tersebut. Banyaknya model pembelajaran membuat guru kesulitan untuk menentukan dengan materi yang tepat. Group Investigation merupakan salah satu model pembelajaran. Group Investigation merupakan model pembelajaran yang yang menuntut siswa untuk bekerjasama dalam kelompok untuk memikirkan ide ide dalam menemukan solusi dari suatu permasalahan. Group Investiagation cocok digunakan dengan materi yang memerlukan investigasi lapangan. Pembelajaran dengan model Group Investigation juga akan meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Group Investigation terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada matapelajaran geografi kelas XI IPS MA Midanuttalim Jombang. Rancangan penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS A (kelas eksperimen) dengan 24 siswa dan siswa kelas XI IPS B (kelas kontrol) dengan 26 siswa. Instrument penelitian menggunakan soal essai sebanyak 5 butir soal untuk mengukur kemampuan berpikir kritis. Analisis kemampuan berpikir kritis dengan cara membandingkan tes pra perlakuan dengan tes pasca perlakuan. Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran Group Investigation berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis pada matapelajaran geografi kelas XI IPS MA Midanuttalim Jombang. Hasil menunjukan nilai rata-rata Gain Score (selisih rata-rata posttest dengan rata-rata pretest) kelas eksperimen 13.33 sedangkan nilai Gain Score kelas Kontrol 10.11

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Sep 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53749

Actions (login required)

View Item View Item