Pengaruh model pembelajaran REACT terhadap pemahaman konsep geografi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Lawang Kabupaten Malang / Verly Rizqi Hendra Saputra - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran REACT terhadap pemahaman konsep geografi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Lawang Kabupaten Malang / Verly Rizqi Hendra Saputra

Saputra, Verly Rizqi Hendra (2018) Pengaruh model pembelajaran REACT terhadap pemahaman konsep geografi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Lawang Kabupaten Malang / Verly Rizqi Hendra Saputra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Saputra Verly Rizqi Hendra. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran REACT Terhadap Pemahaman Konsep Geografi Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Lawang Kabupaten Malang. Skripsi Jurusan Geografi FIS Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Yusuf Suharto M.Pd. (II) Drs. I Komang Astina M.S Ph.D. Kata Kunci Model Pembelajaran REACT Pemahaman Konsep Geografi Pemahaman konsep merupakan suatu hal yang penting dalam proses pembelajaran geografi. Karena dengan pemahaman konsep pada materi pelajaran siswa dapat mengerti dan menjelaskan kembali apa yang telah disampaikan oleh guru di kelas selama proses belajar mengajar. Selain untuk mengerti dan menjelaskan kembali materi yang telah disampaikan pemahaman konsep juga digunakan untuk memecahkan persoalan dalam pembelajaran. Sehingga siswa dapat memperoleh hasil belajar yang maksimal. Salah satu model pembelajaran yang dapat mengembangkan pemahaman konsep gegrafi pada siswa adalah model pembelajaran REACT (Relating Eksperiencing Applying Cooperating Transfering). REACT merupakan model pembelajaran kooperatif yang menuntun siswa untuk berperan lebih aktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model REACT terhadap pemahaman konsep geografi pada kompetensi dasar Menganalisis jenis dan penanggulangan bencana alam melalui edukasi kearifan lokal dan pemanfaatan teknologi modern pada siswa kelas XI IIS SMA Negeri 1 Lawang Kabupaten Malang pada semester genap 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu(quasi experiment) yang termasuk rancangan penelitian kuantitatif. Subyek penelitian ini berjumlah 67 siswa dengan rincian 33 siswa kelas XI IIS 2 sebagai kelas eksperimen dan 34 siswa kelas XI IIS 3 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data adalah soal tes essai pretest dan posttest yang setiap butir soal termuat indikator pemahaman konsep. Dari pretest dan posttest akan diketahui selisih skor (gainscore). Teknik analisis data menggunakan Uji-t dari gainscore untuk mengetahui pengaruh dari model REACT terhadap pemahaman konsep geografi siswa. Hasil penelitian menunjukan adanya pengaruh positif dan signifikan terhadap pemahaman konsep geografi siswa kelas eksperimen. Berdasarkan hasil penghitungan uji hipotesis terhadap pemahaman konsep geografi siswa dengan hasil Sig. (2-tailed) adalah 0 000 0 05. Rata-rata hasil skor pemahaman konsep geografi siswa kelas eksperimen (34 61) kelas kontrol (14 71) dengan kata lain H0 ditolak. Kesimpulanya bahwa model pembelajaran REACT berpengaruh terhadap pemahaman konsep geografi siswa kelas XI IIS SMA Negeri 1 Lawang. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan agar dilakukan penelitian lebih lanjut pada subjek dan tempat penelitian yang berbeda guna mengetahui pengaruh model pembelajaran REACT terhadap pemahaman konsep.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 14 Sep 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53748

Actions (login required)

View Item View Item