Pengaruh model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi kelas XI SMAN 1 Lawang Kabupaten Malang / M. Nuhan Fattahillah

Fattahillah, M. Nuhan (2018) Pengaruh model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi kelas XI SMAN 1 Lawang Kabupaten Malang / M. Nuhan Fattahillah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i Ringkasan Fattahillah, M Nuhan.2018. Pengaruh Model Pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi Kelas XI SMAN 1 Lawang Kabupaten Malang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Geografi Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Hadi Soekamto, S.H, M.Pd, M.Si (2) Drs. Hendri Purwito, M. Si Kata Kunci : Two Stay Two Stray, Hasil Belajar Model Two Stay Two Stray memberi kesempatan kelompok untuk membagi hasil dan informasi kepada kelompok lain, serta memberi kesempatan siswa aktif belajar sehingga dapat dihindari suasana kelas yang didominasi oleh beberapa siswa saja. Keaktifan siswa lebih diperhatikan dalam proses belajar sebab membantu meningkatkan minat, prestasi, dan hasil belajar siswa. Siswa yang memiliki kemampuan tinggi dan rendah saling bekerjasama sehingga mampu memahami tugas maupun materi pelajaran dengan baik. Penggunaan model ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa, kemampuan memecahkan masalah, dan hasil belajar siswa. Selain itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Two Stay Two Stray terhadap hasil belajar geografi siswa kelas XI IPS SMAN 1 Lawang Kabupaten Malang. Penelitian ini menggunakan eksperimen semu. Desain penelitian ini menggunakan nonequivalent control group. Subjek penelitian ini kelas XI IPS 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 5 sebagai kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan instrumen berupa tes essai yang terdiri dari lima soal. Hasil Penelitian yang diperoleh terdiri dari kemampuan awal siswa (pretest), kemampuan akhir siswa (posttest), dan hasil belajar siswa (gain score) berupa gain score dari pretest dan posttest. Hasil belajar merupakan selisih antara skor posttest dan pretest. Gain score menunjukkan dari kelas eksperimen sebesar 2,26 sedangkan kontrol sebesar 1,03. Hasil uji t diperoleh nilai p adalah 0,000. Hasil tersebut menunjukkan bahwa nilai p lebih kecil dari 0,05, maka hipotesis penelitian diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model Two Stay Two Stray berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS SMAN 1 Lawang Kabupaten Malang. Berdasarkan hasil penelitian disarankan bagi sekolah agar diterapkan untuk semua mata pelajaran agar meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas dan hasil belajar siswa. Bagi guru, model Two Stay Two Stray sebagai alternatif untuk meningkatkan keaktifan siswa didalam kelas. Bagi peneliti lanjut, untuk menguji pengaruh model pembelajaran Two Stay Two Stray pada lokasi, jenjang pendidikan, dan materi lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Sep 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53747

Actions (login required)

View Item View Item