Pengaruh model pembelajaran group investigation (GI) pada mata pelajaran geografi terhadap keaktifan belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Talun Kabupaten Blitar / Alvin Prima Dewanata

Dewanata, Alvin Prima (2018) Pengaruh model pembelajaran group investigation (GI) pada mata pelajaran geografi terhadap keaktifan belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Talun Kabupaten Blitar / Alvin Prima Dewanata. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Dewanata Alvin Prima. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation (Gi) Pada Mata Pelajaran Geografi Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Kelas XI IPS Sma Negeri 1 Talun. Skripsi. Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Ardyanto Tanjung S.Pd M.Pd (II) Dra. Yuswanti Ariani Wirahayu M.Si. Kata Kunci Group Investigation (GI) Keaktifan Belajar Siswa Model pembelajaran kooperatif Group Investigation merupakan salah satu bentuk model pembelajaran kooperatif yang menekankan pada partisipasi dan aktivitas siswa untuk mencari sendiri materi (informasi) pelajaran yang akan dipelajari melalui bahan-bahan yang tersedia. Kemampuan dalam memecahkan masalah dengan investigasi akan mempengaruhi keaktifan belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh Group Investigation (GI) terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Geografi. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasy experiment) yang termasuk rancangan penelitian kuantitatif. Subjek penelitian berjumlah 72 orang siswa dengan rincian 36 siswa kelas XI IIS 1 sebagai kelas control dan 36 siswa kelas XI IIS 2 sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data adalah angket keaktifan belajar. Teknik analisis data menggunakan Uji t untuk mengetahui pengaruh dari model pembelajaran Group Investigation (GI) terhadap keaktifan belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan keaktifan belajar siswa berdasarkan hasil analisis uji t terdapat keaktifan belajar siswa dengan hasil Sig. (2-tailed) adalah 0.001. Dari hasil yang diperoleh tersebut nilai probabilitasnya 0.05 dan mean hasil skor keaktifan belajar siswa kelas eksperimen (27 3) dari mean kelas kontrol (24 9) dengan kata lain H0 ditolak. Dari hasil uji tersebut dijelaskan jika tingkat keaktifan belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol hal ini dapat dilihat dari hasil Sig. dan dari nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Berdasarkan hasil analisis data dan pengujian hipotesis penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Group Investigation (GI) berpengaruh terhadap keaktifan belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Talun Kabupaten Blitar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Sep 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53745

Actions (login required)

View Item View Item