Validasi Buku Teks Geografi SMA/MA Kelas XI Karangan K. Wardiyatmoko Pada Materi Potensi Geografis Indonesia / Nita Martha Windani - Repositori Universitas Negeri Malang

Validasi Buku Teks Geografi SMA/MA Kelas XI Karangan K. Wardiyatmoko Pada Materi Potensi Geografis Indonesia / Nita Martha Windani

Windani, Nita Martha (2018) Validasi Buku Teks Geografi SMA/MA Kelas XI Karangan K. Wardiyatmoko Pada Materi Potensi Geografis Indonesia / Nita Martha Windani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Windani Nita Martha. 2018. Validasi Buku Teks Geografi SMA/MA Kelas XI Karangan K. Wardiyatmoko Pada Materi Potensi Geografis Indonesia. Skripsi Jurusan Geografi FIS Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Budi Handoyo M.Si (II) Dra. Yuswanti A W M.Si Kata Kunci Validasi buku teks geografi Erlangga kelas XI Buku teks memiliki peranan penting dalam pembelajaran sehingga kualitas buku yang baik sangat diperlukan. Adanya tuntutan kualitas yang baik pada buku teks diperlukan validasi buku dengan melakukan analisis mendalam untuk mengetahui layak atau tidaknya buku tersebut. Buku teks terbitan Erlangga kelas XI merupakan salah satu jenis buku teks yang perlu dianalisis mengingat banyaknya sekolah yang mempergunakan buku tersebut sebagai pegangan siswa. Berdasarkan observasi awal masih banyak ditemukan kesalahan dari segi kesesuaian isi dengan kurikulum konsep bahasa maupun media gambar yang disajikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memvalidasi kesesuaian isi materi potensi geografis Indonesia dengan kurikulum 2013 kebenaran konsep kebenaran bahasa dan fungsi media gambar pada buku teks Geografi terbitan Erlangga kelas XI. Jenis penelitian ini berupa deskriptif dengan menggunakan dokumen sebagai objeknya. Teknik analisis isi merupakan metode yang digunakan untuk menjabarkan dan menjelaskan permasalahan yang ada disertai dengan fakta. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu buku teks Geografi SMA/MA kelas XI karangan K.Wardiyatmoko. Materi yang dianalisis hanya terfokus pada kompetensi dasar potensi geografis Indonesia. Hasil penelitan menunjukkan bahwa kesesuaian isi materi dengan kurikulum 2013 tergolong sedang. Selanjutnya dari aspek kebenaran konsep konkret maupun abstrak tergolong rendah. Selain itu tingkat kebenaran bahasa dari segi tanda baca kosakata kalimat maupun paragraf tergolong rendah. Begitu pun dengan fungsi media gambar yang disajikan pada buku tersebut masih tergolong rendah. Banyaknya kesalahan dari beberapa aspek yang telah ditemukan pada buku teks Geografi terbitan Erlangga perlu adanya saran dari penelitian ini. Pertama guru dianjurkan terlebih dahulu menelaah materi pada buku teks yang akan digunakan sebagai bahan ajar dan pegangan untuk siswa agar mengetahui kesalahan yang ada. Kedua penulis hendaknya lebih teliti guna menghindari kesalahan yang mungkin terjadi baik dari segi keseuaian isi konsep bahasa maupun media gambar. Ketiga sebelum dilakukan penerbitan buku sebaiknya pihak terkait menelaah riwayat pendidikan penulis terlebih dahulu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Sep 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53744

Actions (login required)

View Item View Item