Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan berpikir analitis siswa pada mata pelajaran Geografi kelas XI IPS 1 di SMA Negeri 7 Malang / Ahmad Faiz MaÔÇÖruf

MaÔÇÖruf, Ahmad Faiz (2018) Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan berpikir analitis siswa pada mata pelajaran Geografi kelas XI IPS 1 di SMA Negeri 7 Malang / Ahmad Faiz MaÔÇÖruf. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN MaÔÇÖruf, Ahmad Faiz. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Analitis Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi Kelas XI IPS 1 di SMA Negeri 7 Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Yusuf Suharto, M.Pd (2) Drs. Rudi Hartono, M.Si. Kata Kunci: model Problem Based learning, kemampuan berpikir analitis. Hasil observasi awal didapatkan bahwa kemampuan berpikir analitis siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 7 Malang masih rendah. Gejala rendahnya kemampuan berpikir analitis siswa ini terlihat ketika siswa kesulitan dalam menyelesaikan masalah yang diberikan. Siswa kesulitan dalam mengambil keputusan dan mencari pemecahan masalah. Dalam menjawab pertanyaan, beberapa siswa hanya memindahkan jawaban dari buku atau menjawab dengan jawaban yang sebisanya. Rata-rata hasil tes kemampuan berpikir analitis pra tindakan menunjukkan hanya 26,7% dari 30 siswa yang mendapatkan nilai tes cukup, sedangkan 73,3% siswa memiliki kemampuan berpikir analitis kurang dan sangat kurang. Rendahnya kemampuan berpikir analitis ini disebabkan oleh proses pembelajaran siswa yang hanya menerima pelajaran dengan mendengarkan penjelasan dari guru tanpa bertanya lebih dalam lagi mengenai materi yang disampaikan. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka perlu dilakukannya penelitian tentang penerapan model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir analitis siswa, yaitu model pembelajaran Problem Based Learning. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Kegiatan pembelajaran dilaksanakan dalam II siklus, masing-masing siklus terdapat 2 pertemuan. Setiap siklus terdiri dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di kelas XI IPS 1 SMA Negeri 7 Malang dengan jumlah siswa 30 orang, pada materi Dinamika dan Permasalahan Kependudukan. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi, dan pemberian soal tes. Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan, diperoleh rata-rata hasil tes kemampuan berpikir analitis siswa pada pra tindakan sebesar 60,33, pada siklus I sebesar 74,7 dan pada siklus II sebesar 85,03. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa rata-rata kemampuan berpikir analitis siswa setelah perlakuan siklus 1 mengalami peningkatan sebesar 25.3%, dan setelah perlakuan siklus II mengalami peningkatan sebesar 14,97%. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa rendahnya kemampuan berpikir analitis siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 7 Malang pada mata pelajaran geografi dapat ditingkatkan dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Sep 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53743

Actions (login required)

View Item View Item