Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) menggunakan Lembaga Kegiatan Peserta Didik (LKPD) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran Geografi kelas XI IPS 4 SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang / Arditya Nur Achmadi

Achmadi, Arditya Nur (2018) Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) menggunakan Lembaga Kegiatan Peserta Didik (LKPD) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran Geografi kelas XI IPS 4 SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang / Arditya Nur Achmadi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Achmadi, Arditya Nur. 2018. Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Menggunakan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Mata Pelajaran Geografi Kelas XI IPS 4 SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Geografi, Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Budi Handoyo, M.Si, (II) Dra. Yuswanti Ariani Wirahayu, M.Si. Kata Kunci: Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Lembar Kegiatan Peserta Didik, Kemampuan Berpikir Kritis. Berdasarkan pengamatan yang dilakukan di kelas XI IPS 4, SMA Laboratorium UM Malang, ditentukan bahwa ada kemampuan berpikir kritis peserta didik yang rendah. Rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik dapat dilihat dari cara peserta didik menjawab pertanyaan guru yaitu dengan membaca ulang dan mengungkapkan jawaban seperti yang tertulis di buku tanpa analisis sebelumnya. Kemampuan berpikir kritis tingkat rendah dianalisis berdasarkan 4 (empat) aspek, yaitu: (1) aspek peserta didik; (2) aspek guru; (3) aspek fasilitas dan infrastruktur; (4) aspek implementasi model pembelajaran. Berdasarkan hasil analisis, rendahnya tingkat kemampuan berpikir kritis peserta didik disebabkan oleh model pembelajaran yang digunakan yang tidak memberikan praktik peserta didik untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis mereka. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik di kelas XI IPS 4 SMA Laboratorium UM Malang melalui penerapan model pembelajaran berbasis masalah pada mata pelajaran geografi. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus memiliki 4 tahap, yaitu perencanaan, implementasi, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPS 4 SMA Laboratorium UM Malang; ada 32 siswa. Instrumen penelitian adalah pertanyaan tes kemampuan berpikir kritis, lembar observasi model PBL dan lembar catatan lapangan. Analisis data dilakukan dengan mengukur kemampuan berpikir kritis peserta didik pada siklus akhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa yang dapat dilihat dari rata-rata skor tes kemampuan berpikir kritis. Dalam siklus I, rata-rata nilai adalah 69,72 dan pada siklus II adalah 79,31. Oleh karena itu, perbedaan rata-rata dalam siklus I dan siklus II adalah 9,59 dan persentase perbaikan adalah 13,75%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik di kelas XI IPS 4 SMA Laboratorium UM Malang dalam mata pelajaran geografi. Rekomendasi untuk guru adalah untuk melakukan inovasi model pembelajaran, yaitu salah satunya dengan penerapan PBL untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. i

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Sep 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53742

Actions (login required)

View Item View Item