Analisis potensi objek wisata pantai Serang di Kabupaten Blitar / Arif Purnomo Aji - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis potensi objek wisata pantai Serang di Kabupaten Blitar / Arif Purnomo Aji

Aji, Arif Purnomo (2018) Analisis potensi objek wisata pantai Serang di Kabupaten Blitar / Arif Purnomo Aji. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Aji Arif Purnomo. 2018. Analisis Potensi Objek Wisata Pantai Serang Di Kabupaten Blitar. Skripsi. Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Sumarmi M.Pd (2) Dra. Yuswanti Ariani Wirahayu M.Si. Kata kunci potensi strategi pengembangan Kabupaten Blitar adalah salah satu wilayah yang terletak di daerah selatan Provinsi Jawa Timur yang berbatasan langsung dengan Samudera Indonesia oleh sebab itu salah satu potensi yang dimiliki oleh Kabupeten Blitar adalah potensi pariwisata pantai. Sesuai dengan pasal 45 dalam PERDA Nomor 5 Tahun 2013 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten Blitar maka objek wisata Pantai Serang menjadi salah satu objek wisata yang akan dikembangkan untuk menjadi sebuah objek wisata yang mampu bersaing dengan objek wisata lainnya khususnya objek wisata di Kota Blitar maka potensi yang ada ini seharusnya dapat dikelola dan dikembangkan dengan strategi yang tepat dan sesuai. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) mengidentifikasi potensi fisik dan non fisik objek wisata Pantai Serang dan (2) mengetahui arahan pengembangan yang tepat untuk pengembangan objek wisata Pantai Serang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini terbagi dalam tiga tahapan tahap pertama adalah tahap observasi awal untuk memperoleh data awal mengenai kondisi terkini objek penelitian tahap kedua merupakan tahap pengumpulan data tahap terakhir adalah analisis data dengan menggunakan teknik scorring tabulasi tunggal dan SWOT. Hasil dari penelitian ini adalah (1) kondisi fisik dan non fisik objek wisata Pantai Serang sangat sesuai dan mendukung pengembangan Pantai Serang menjadi sebuah objek wisata (2) Dengan menggunakan analisis SWOT dapat diketahui bahwa posisi objek wisata Pantai Serang berada dalam kuadran SWOT 1 yang berarti bahwa objek wisata dalam kondisi yang sangat baik dan berpeluang untuk dikembangkan pengembangan yang tepat adalah dengan memaksimalkan potensi yang ada baik potensi fisik maupun non fisik meningkatkan kenyamanan pengunjung arahan strategi yang dapat dilakukan adalah mengikutsertakan masyarakat untuk bersama-sama memelihara dan melestarikan sumberdaya wisata Pantai Serang dan membuka peluang pada pihak luar atau investor untuk menanamkan modalnya terutama untuk pengadaan sarana dan prasarana pendukung objek wisata. Saran yang dapat diberikan adalah (1) untuk Pemerintah Daerah Kabupaten Blitar serta pihak pengelola objek wisata hendaknya lebih meningkatkan kinerjanya. Fasilitas merupakan salah satu unsur pengembangan yang tergolong kurang memadai (2) untuk masyarakat sekitar diharapkan ikut berpartisipasi dalam pengembangan dan pelestarian objek wisata Pantai Serang (3) pengunjung juga diharapkan ikut berpartisipasi dalam pengembangan objek wisata Pantai Serang seperti dalam hal menjaga kebersihan dan penyebaran informasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Sep 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53741

Actions (login required)

View Item View Item