Penerapan pembelajaran Kooperatif Model Team Assisted Individualization untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Geografi pada Siswa Kelas XI IPS 4 SMA Negeri Ambulu Kabupaten Jember / Pipit Alfian Kristianto

Kristianto, Pipit Alfian (2018) Penerapan pembelajaran Kooperatif Model Team Assisted Individualization untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Geografi pada Siswa Kelas XI IPS 4 SMA Negeri Ambulu Kabupaten Jember / Pipit Alfian Kristianto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Kristianto Pipit Alfian. 2018. Penerapan pembelajaran Kooperatif Model Team Assisted Individualization untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Geografi pada Siswa Kelas XI IPS 4 SMA Negeri Ambulu Kabupaten Jember. Skripsi Jurusan Geografi Program Studi Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Yusuf Suharto M.Pd (II) Dr. Singgih Susilo M.S M.Si. Kata kunci cooperative learning model team assisted individualization (TAI) hasil belajar. Observasi awal diketahui metode pembelajaran geografi yang dilakukan di SMA Negeri Ambulu adalah ceramah pemberian tugas dan diskusi kelompok. Hasil belajar siswa dengan ketuntasan klasikal 57% dan rata-rata kelasnya sebesar 72 60. Jumlah ketuntasan belajar siswa kurang dari kriteria ketuntasan minimal (KKM) untuk mata pelajaran Geografi sebesar 8805 75 dan ketuntasan belajar klasikalnya sebesar 8805 85%. Hasil belajar tersebut perlu diperbaiki dengan menerapkan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini dirancang dengan model penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada Mei 2018. Subjek penelitian yaitu siswa kelas XI IPS 4 yang berjumlah 35 siswa. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus. Teknik pengumpulan data melalui tes. Tindakan yang dilakukan yaitu pembelajaran kooperatif model team assisted individualization (TAI). Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan mulai dari pra tindakan ke siklus 1 dan siklus 1 ke siklus 2. Rata-rata hasil belajar pada pra tindakan sebesar 72 60 pada siklus 1 meningkat menjadi 74 47 dan pada siklus 2 meningkat menjadi 81 57. Terjadi peningkatan rata-rata hasil belajar dengan persentase peningkatan sebesar 9 53%. Ketuntasan belajar juga mengalami peningkatan pada proses pembelajaran pra tindakan sebesar 57% siklus 1 sebesar 73% dan pada siklus 2 menjadi 86%. Berdasarkan hasil tersebut disarankan (1) Bagi guru geografi agar menggunakan model team assisted individualization untuk meningkatkan hasil belajar siswa. (2) Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat melakukan penelitian sejenis dalam rangka memperbaiki kualitas pembelajaran kooperatif model team assisted individualization dengan subjek penelitian yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53738

Actions (login required)

View Item View Item