Pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran Geografi kelas X SMA islam Kepanjen / Dimas Laksana Prasetya

Prasetya, Dimas Laksana (2018) Pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran Geografi kelas X SMA islam Kepanjen / Dimas Laksana Prasetya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Prasetya, Dimas Laksana. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi Kelas X SMA Islam Kepanjen. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Yusuf Suharto, M.Pd. (II) Drs. Hendri Purwito, M.Si. Kata Kunci: Model Problem Based Learning, Kemampuan Berpikir Kritis. Problem Based Learning (PBL) merupakan pendekatan yang efektif untuk pengajaran proses berpikir tingkat tinggi, pembelajaran ini membantu siswa untuk memproses informasi yang sudah jadi dalam benaknya dan menyusun pengetahuan mereka sendiri tentang dunia sosial dan sekitarnya. Model Problem Based Learning memiliki kelebihan yang berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran geografi kelas X SMA Islam Kepanjen. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperimen) menggunakan Pretest-Posttest Control Group Design. Subjek penelitian ini, yaitu dua kelas diantaranya, kelas X IPS 1 sebagai kelas eksperimen yang mendapatkan perlakuan dengan model Problem Based Learning dan kelas X IPS 2 sebagai kelas kontrol yang diberi perlakuan dengan model konvensional. Instrumen yang digunakan berupa tes essay sejumlah 5 butir soal yang mengacu pada indikator kemampuan berpikir kritis. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan tes yang dilakukan dua kali diberikan pada sebelum dan sesudah perlakuan. Teknik analisis data menggunakan uji-t dengan SPSS 16.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis kelas yang menggunakan model Problem Based Learning mendapatkan nilai rata-rata lebih baik dibandingkan kelas yang tidak menggunakan model Problem Based Learning. Hasil analisis yang dilakukan didapatkan bahwa nilai probabilitas sebesar 0,016 atau lebih rendah dari 0,05. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima yang artinya Model Problem Based Learning berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran geografi kelas X SMA Islam Kepanjen. Saran bagi guru untuk menerapkan di kelas terutama pada mata pelajaran geografi menggunakan model Problem Based Learning sebagai salah satu variasi model dalam kegiatan pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan berpikir siswa. Bagi pihak sekolah, disarankan agar memberi dorongan pada kegiatan pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning khusunya untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Bagi peneliti selanjutnya yang akan melakukan penelitian Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis disarankan untuk memberikan permasalahan, menyiapkan instrumen, dan perangkat pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53737

Actions (login required)

View Item View Item