Pengaruh model project based learning terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas XI IPS SMA Islam Kepanjen pada mata pelajaran Geografi / Angga Aji Putra - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model project based learning terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas XI IPS SMA Islam Kepanjen pada mata pelajaran Geografi / Angga Aji Putra

Putra, Angga Aji (2018) Pengaruh model project based learning terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas XI IPS SMA Islam Kepanjen pada mata pelajaran Geografi / Angga Aji Putra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Putra Angga Aji. Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas XI IPS SMA Islam Kepanjen Pada Mata Pelajaran Geografi. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Yusuf Suharto M.Pd. (II) Drs. Marhadi Slamet Kistyanto M.Si. Kata Kunci Model Project Based Learning Kemampuan Berpikir Kreatif. Project Based Learning merupakan model pembelajaran yang berpusat pada siswa dan kegiatan belajarnya berupa proyek. Model Project Based Learning menuntut keaktifan siswa dan kerjasama dalam pembuatan proyek. Model Project Based Learning memiliki kelebihan yang berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Project Based Learning terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas XI IPS SMA ISLAM kepanjen pada mata pelajaran geografi. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperimen) menggunakan Pretest-Posttest Control Group Design. Subjek penelitian ini yaitu dua kelas yang memiliki kemampuan setara berdasarkan data nilai hasil ulangan yang didapatkan dari guru mata pelajaran geografi. Dua kelas tersebut diantaranya kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen yang mendapatkan perlakuan dengan model Project Based Learning dan kelas XI IPS 2 sebagai kelas kontrol yang diberi perlakuan dengan model konvensional. Instrumen yang digunakan berupa tes essay sejumlah 4 butir soal yang mengacu pada indikator kemampuan berpikir kreatif. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan tes yang dilakukan dua kali diberikan pada sebelum dan sesudah perlakuan. Teknik analisis data menggunakan uji-t dengan SPSS 16.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif kelas yang menggunakan model Project Based Learning mendapatkan nilai rata-rata lebih baik dibandingkan kelas yang tidak menggunakan model Project Based Learning. Hasil analisis yang dilakukan didapatkan bahwa nilai probabilitas sebesar 0 005 atau lebih rendah dari 0 05. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima yang artinya terdapat pengaruh signifikan penerapan Model Project Based Learning terhadap kemampuan berpikir kreatif pada Mata Pelajaran Geografi Siswa kelas XI IPS SMA ISLAM KEPANJEN. Saran ditujukan untuk guru agar mempersiapkan perencanaan pembelajaran model Project Based Learning secara matang karena model pembelajaran ini menuntut banyak biaya dan waktu. Bagi pihak sekolah disarankan agar memberi dorongan pada kegiatan pembelajaran menggunakan model Project Based Learning khusunya untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Bagi peneliti selanjutnya yang akan melakukan penelitian mengenai model Project Based Learning disarankan menyiapkan instrumen dan perangkat pembelajaran secara matang agar memudahkan guru model saat memberikan perlakuan. Peneliti selanjutnya dapat memberikan variabel moderator atau mengganti variabel terikat dan bisa ditambah dengan alat atau media untuk mendukung pembelajaran tersebut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 29 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53736

Actions (login required)

View Item View Item