Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Siswa pada Mata Pelajaran Geografi di SMAN 1 Yosowilangun / Rouf Firdaus

Firdaus, Rouf (2018) Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Siswa pada Mata Pelajaran Geografi di SMAN 1 Yosowilangun / Rouf Firdaus. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Firdaus, Rouf. 2018. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Siswa pada Mata Pelajaran Geografi di SMAN 1 Yosowilangun. Skripsi, Program Studi Pendidikan Geografi, Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Hadi Soekamto, S.H, M.Pd, M.Si, (II) Drs. Yusuf Suharto, M.Pd. Kata Kunci : Model Pembelajaran Berbasis Proyek, Kemampuan Memecahkan Masalah Kemampuan memecahkan masalah perlu ditingkatkan dalam pembelajaran di SMA. Meningkatkan kemampuan memecahkan masalah, membutuhkan suatu model pembelajaran yang tepat. Pembelajaran berbasis proyek adalah model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan memecahkan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran berbasis proyek terhadap kemampuan memecahkan masalah pada mata pelajaran geografi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Yosowilangun. Penelitian ini dirancang menggunakan eksperimen semu dengan desain penelitian post test only control group design. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas XI IPS4 (eksperimen) mendapat perlakuan model pembelajaran berbasis proyek, dan kelas XI IPS2 (kontrol) tidak mendapat perlakuan model pembelajaran berbasis proyek. Instrument penelitian ini berupa soal essai tes kemampuan memecahkan masalah. Instrument penelitian ini diuji coba untuk mengetahui validitas dan realibilitasnya. Teknik analisis yang digunakan adalah uji-t yang dapat diselesaikan dengan bantuan SPSS 16,00 for windows. Hasil analisis data ditemukan bahwa pada siswa kelas eksperimen rata-rata kemampuan memecahkan masalah 82,29, sedangkan pada siswa kelas kontrol rata-rata kemampuan memecahkan masalah 79,90. Hasil analisis dengan menggunakan uji-t menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,009, jadi nilai signifikansi 0,009 < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Hasil analisis data menunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap kemampuan memecahkan masalah. Kesimpulan penelitian ini adalah ada pengaruh model pembelajaran berbasis proyek pada mata pelajaran geografi terhadap kemampuan memecahkan masalah peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian ini guru diharapkan menerapkan model pembelajaran berbasis proyek di semua mata pelajaran terutama pada materi pembelajaran yang konstektual dan berdasarkan permasalahan. Bagi pihak sekolah diharapkan mendorong semua guru untuk menggunakan model pembelajaran ini dan dapat memfasilitasi kegiatan pembelajaran di dalam maupun luar kelas. Sedangkan untuk peneliti lanjut disarankan agar menambah varibel terikat maupun variabel moderator lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53735

Actions (login required)

View Item View Item