Penerapan model pembelajaran jigsaw pada materi pelestarian lingkungan hidup untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas XI IPS 2 MA Muhammadiyah 1 Jember / Bemil Al Iqbal Prawira

Prawira, Bemil Al Iqbal (2018) Penerapan model pembelajaran jigsaw pada materi pelestarian lingkungan hidup untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas XI IPS 2 MA Muhammadiyah 1 Jember / Bemil Al Iqbal Prawira. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Prawira, Bemil Al Iqbal. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Jigsaw pada Materi Pelestarian Lingkungan Hidup untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas XI IPS MA Muhammadiyah 1 Jember. Skripsi, Program Studi Pendidikan Geografi. Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Yusuf Suharto, M.Pd. Pembimbing: (2) Dra. Yuswanti Ariani Wirahayu, M.Si. Kata Kunci: Model Pembelajaran Jigsaw, Minat Belajar Permasalahan pembelajaran yang dialami oleh siswa salah satunya, yaitu rendahnya minat belajar siswa. Rendahnya minat belajar siswa pasti akan mempengaruhi prestasi belajar siswa. Salah satunya adalah model pembelajaran kooperatif (cooperative learning), sehingga permasalahan tersebut dapat ditanggulangi. Jigsaw merupakan pembelajaran kooperatif yang terdiri dari beberapa anggota dalam satu kelompok yang bertanggungjawab atas penguasaan bagian materi belajar dan mampu mengajarkan bagian tersebut kepada anggota lain dalam kelompoknya. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan minat belajar siswa di kelas XI IPS 2 MA Muhammadiyah 1 Jember dengan menerapkan model pembelajaran jigsaw pada materi pelestarian lingkungan hidup. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (class room action research), model penelitian tindakan dari Kemmis dan Taggart. Analisis dilakukan secara deskriptif kata-kata dari hasil pengamatam selama proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran jigsaw. Selanjutnya dengan analisis kuantitatif, yaitu analisis jumlah persentase skor hasil angket perseorangan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa minat belajar siswa kelas XI IPS 2 MA Muhammadiyah Jember 1 mengalami peningkatan, di mana perbandingan perolehan persentase angket minat belajar dari prasiklus, siklus I, dan siklus II. Prasiklus memiliki nilai 57,94, siklus I sebesar 64,66, sedangkan untuk siklus II sebesar 74,95. Terdapat peningkatan persentase minat belajar siswa kelas XI IPS 2 MA Muhammadiyah Jember 1 dari prasiklus, siklus I dan siklus II masing-masing sebesar 10,3% dan 13,71%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53734

Actions (login required)

View Item View Item