Pengaruh Model Pembelajaran Treffinger Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran Geografi Siswa Kelas X IPS MAN 1 Kota Malang / Balya Akhmad

Akhmad, Balya (2018) Pengaruh Model Pembelajaran Treffinger Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran Geografi Siswa Kelas X IPS MAN 1 Kota Malang / Balya Akhmad. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Akhmad, Balya. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Treffinger Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran Geografi Siswa Kelas X IPS MAN 1 Kota Malang. Skripsi. Jurusan Geografi Fakultas lmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Budi Handoyo, M.Si. (2) Drs. Hendri Purwito, M.Si. Kata Kunci: Model Pembelajaran Treffinger, Kemampuan Berpikir Kritis. Creative problem solving (CPS) merupakan salah satu model pembelajaran kooperatif yang digunakan untuk memecahkan suatu permasalahan. Model pembelajaran Treffinger memiliki karakteristik yang dominan yaitu upaya untuk mengintegrasikan dimensi kognitif dan afektif siswa untuk mencari arah-arah yang akan ditempuhnya untuk memecahkan permasalahan. Model ini kebanyakan digunakan pada pembelajaran matematika dan pada matapelajaran geografi masih belum banyak dijadikan sebagai alternatif model pembelajaran. Model ini dipilih untuk dieksperimenkan dengan menggunakan variabel kemampuan berpikir kritis karena tiga alasan, yaitu pertama, model ini cocok diterapkan pada siswa tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA)/MA. Kedua, model pembelajaran Treffinger memiliki sintak yang lebih ringkas daripada sintak CPS Osborn. Ketiga, model pembelajaran Treffinger memiliki kelebihan yang dapat mempengaruhi kemampuan berpikir kritis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari model pembelajaran Treffinger terhadap kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran geografi siswa kelas X IPS MAN 1 Kota Malang. Rancangan penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperimen) dengan desain penelitian pretest posttest control group design. Subjek dalam penelitian ini dua kelas X IPS di MAN 1 Kota Malang yaitu X IPS 1 dan X IPS 2. Teknik analisis data dalam penelitian menggunakan bantuan SPSS 24 for windows. Untuk uji hipotesis digunakan Uji-t (independen samples t test). Hasil penelitian menujukkan bahwa model Treffinger berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran geografi siswa kelas X IPS MAN 1 Kota Malang. Hal tersebut menujukkan H0 ditolak dan H1 diterima. Nilai gain score kemampuan berpikir kritis siswa yang menggunakan model Treffinger lebih baik (9,10) dibandingkan siswa yang tidak menggunakan model tersebut (1,41). Saran bagi guru, penggunaan model pembelajaran ini dapat dilakukan sebagai alternatif model untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan kemampuan pemecahan masalah. Disarankan juga dilakukan penelitian lebih lanjut untuk: a) menguji pengaruh model pembelajaran Treffinger terhadap variabel lain dan pada lokasi, jenjang pendidikan, atau materi lain; serta b) mengintegrasikan atau membandingkan dengan model pembelajaran yang lain untuk dijadikan alternatif model pembelajaran di sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53733

Actions (login required)

View Item View Item