Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Lawang Pada Materi Mitigasi Bencana / Eni Mahfuroh

Mahfuroh, Eni (2018) Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Lawang Pada Materi Mitigasi Bencana / Eni Mahfuroh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Mahfuroh, Eni. 2018. Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Lawang Pada Materi Mitigasi Bencana. Skripsi, Jurusan Geoafi FIS, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (I) Drs.Yusuf Suharto, M.Pd (II) Dra. Yuswanti Ariani Wirahayu, M.Si Kata Kunci: Project Based Learning (PjBL), Kemampuan Berpikir Kritis, Mitigasi Bencana. Model Project Based Learning merupakan pembelajaran dengan menyajikan beberapa permasalahan yang terdapat disekitar lingkungan siswa yang nantinya permasalahan tersebut akan dianalisis solusi yang tepat dan dituangkan dalam bentuk sebuah proyek. Proyek ini dilandaskan oleh adanya permasalahan di dalam lingkungan sekitar tempat tinggal siswa. Permasalahan diberikan kepada siswa dan selanjutnya siswa akan menuangkan jawaban atau solusi yang ditawarkan dari permasalahan yang mereka dapat dari permasalahan ke dalam bentuk tugas atau proyek sehingga memiliki hasil akhir berupa produk. Penugasan ini dilakukan secara berkelompok, didalam satu kelompok terdapat beberapa anggota yang memiliki tanggungjawab masing-masing sehingga setiap siswa akan berperan aktif dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu penggunaan model Project Based Learning dalam kegiatan pembelajaran secara tidak langsung dapat mengasah kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Lawang Pada Materi Mitigasi Bencana. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperimen) dengan menggunakan post test only control group design dimana pada penelitian ini melibatkan dua kelas, satu kelas sebagai kelompok ekspeimen dan kelas lainnya merupakan kelompok kontrol. Subjek penelitian berjumlah 67 siswa, yang dibagi dalam kelas eksperimen sebanyak 34 siswa dan kelas kontrol sebanyak 33 siswa. Kelas ekspeimen diberikan perlakuan menggunakan model Project Based Learning (PjBL) sedangkan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional (ceramah, diskusi, presentasi dan tanya jawab). Data penelitian ini diuji menggunakan uji-t dengan bantuan program SPSS 16.0 for windows independent sample t-test. Pada penelitian yang telah dilaksanakan, dapat disimpulkan bahwa model Project Based Learning berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Model Project Based Learning memiliki kelebihan memberikan pengalaman kepada peserta didik dalam belajar dan praktik dalam mengorganisasi proyek membuat alokasi waktu dan sumber-sumber lain untuk menyelesaikan tugas. Diharapkan model Project Based Learning dapat diterapkan disekolah sebagai salah satu model pembelajaran yang inovatif dan dapat membantu berkembangnya kemampuan berpikir kritis siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53732

Actions (login required)

View Item View Item