Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) menggunakan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada mata pelajaran geografi kelas XI IIS 5 SMAN 1 Lawang Kabupaten Malang / Aprilyan David Budiarta - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) menggunakan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada mata pelajaran geografi kelas XI IIS 5 SMAN 1 Lawang Kabupaten Malang / Aprilyan David Budiarta

Budiarta, Aprilyan David (2018) Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) menggunakan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada mata pelajaran geografi kelas XI IIS 5 SMAN 1 Lawang Kabupaten Malang / Aprilyan David Budiarta. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v RINGKASAN Budiarta Aprilyan David. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Menggunakan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi Kelas XI IIS 5 SMAN 1 Lawang Kabupaten Malang. Skripsi. Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Ardyanto Tanjung S.Pd M.Pd (II) Drs. Yusuf Suharto M.Pd Kata Kunci Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Problem Based Learning dengan Menggunakan Lembar Kegiatan Siswa Berdasarkan hasil observasi di kelas XI IIS 5 SMAN 1 Lawang didapatkan data kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa masih tergolong rendah hanya 19 siswa yang mampu menyelasaikan soal dengan tingkat kognitif tinggi dari total 34 siswa. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas dengan menggunakan analisis komparasi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi pada siswa kelas XI IIS 5 SMAN 1 Lawang. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus sampai terjadi peningkatan kemampuan berpikir tingkat tinggi. Setiap siklusnya terdiri dari 4 tahap yaitu (1) Perencanaan (2) Pelaksanaan Tindakan (3) Observasi (4) Refleksi. Analisis dilakukan dengan membandingkan setiap hasil tes pada akhir siklus I dengan hasil tes pra-tindakan dan hasil tes pada akhir siklus II dibandingkan dengan hasil tes siklus I. Hasil penelitian menunjukkan perolehan nilai rata-rata kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa meningkat. Rata-rata nilai kemampuan berpikir tingkat tinggi siklus I menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata hasil tes dari pra-tindakan yakni 56 dan meningkat menjadi 74 nilai tersebut masih termasuk dalam kualifikasi cukup baik. Siklus II kemudian dilakukan untuk mendapatkan hasil yang lebih baik. Rata-rata nilai siklus II menunjukkan peningkatan yaitu 12 poin dengan nilai rata-rata kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa menjadi 86. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran geografi dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning dengan menggunakan lembar kegiatan siswa dapat meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53726

Actions (login required)

View Item View Item