Verianti, Yoneta Okta (2018) Pengaruh penerapan model pembelajaran inquiry berbantuan mind mapping terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas X SMAN 1 Gondanglegi Kabupaten Malang / Yoneta Okta Verianti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
i RINGKASAN Verianti Yoneta Okta. 2018. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Berbantuan Mind Mapping Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Kelas X SMAN 1 Gondanglegi Kabupaten Malang. Skripsi. Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Yusuf Suharto M.Pd. (2) Dra. Yuswanti Ariani Wirahayu M.Si. Kata Kunci Model Inquiry Berbantuan Mind Mapping Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Kemampuan berpikir siswa dapat terbentuk melalui kebiasaan belajar. Kemampuan berpikir juga bisa didapat melalui proses pembelajaran di sekolah. Salah satu kemampuan berpikir yang dapat terbentuk melalui pembelajaran di sekolah adalah kemampuan berpikir tingkat tinggi. Kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa dapat terbentuk dengan bantuan berupa penerapan model pembelajaran inquiry berbantuan mind mapping. Penggabungan antara model pembelajaran inquiry dengan mind mapping dapat menumbuhkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa yang meliputi dimensi proses kognitif menganalisis mengevaluasi dan mencipta. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inquiry berbantuan mind mapping terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasy experiment) dengan desain Pretest-posttest Control Group Design. Penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas X IPS 3 sebagai kelas kontrol dan X IPS 4 sebagai kelas eksperimen. Kemampuan berpikir tingkat tinggi diukur menggunakan soal esai yang telah dilakukan uji validitas dan uji reliabilitas. analisis data yang dilakukan meliputi uji normalitas dengan menggunakan rumus Kolmogorov smirnov uji homogenitas menggunakan uji levene s test for equality of variences dan uji hipotesis menggunakan independen sampel t-test. Berdasarkan analisis t-test penelitian menunjukkan nilai signifikansi (0 00)
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 28 Aug 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/53724 |
Actions (login required)
View Item |