Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Pada Mata Pelajaran Geografi Terhadap Kemampuan Berpikir Analitis Siswa Kelas X Ditinjau Dari Tingkat Intelegensinya / Desyana Dwi Astuti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Pada Mata Pelajaran Geografi Terhadap Kemampuan Berpikir Analitis Siswa Kelas X Ditinjau Dari Tingkat Intelegensinya / Desyana Dwi Astuti

Astuti, Desyana Dwi (2018) Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Pada Mata Pelajaran Geografi Terhadap Kemampuan Berpikir Analitis Siswa Kelas X Ditinjau Dari Tingkat Intelegensinya / Desyana Dwi Astuti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Astuti Desyana Dwi. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Pada Mata Pelajaran Geografi Terhadap Kemampuan Berpikir Analitis Siswa Kelas X Ditinjau Dari Tingkat Intelegensinya. Skripsi. Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Hadi Soekamto S.H M.Pd M.Si (2) Dra. Yuswanti Ariani Wirahayu M.Si Kata Kunci Inquiry Kemampuan Berpikir Analitis Tingkat Intelegensi. Kemampuan berpikir analitis penting dikuasai siswa. Dengan kemampuan berpikir analitis siswa akan berpikir dengan urutan yang sistematis. Meskipun penting untuk dikuasai namun kenyataannya kemampuan berpikir analitis siswa di Indonesia masih rendah. Laporan hasil survei Trends in International Math and Science pada tahun 2015 yang menyatakan bahwa 95% siswa hanya bisa menjawab soal berkategori rendah (membutuhkan hafalan) sedangkan sisanya sekitar 5% yang bisa menjawab soal berkategori tinggi (membutuhkan penalaran). Rendahnya peringkat kemampuan berpikir analitis tersebut dapat disebabkan oleh pembelajaran yang kurang sesuai seperti teacher center (berpusat pada guru). Selain itu tingkat intelegensi yang dimiliki siswa ditengarai menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi kemampuan berpikir analitis. Untuk mengembangkan kemampuan berpikir analitis siswa perbaikan proses pembelajaran perlu dilakukan. Perbaikan tersebut dapat dilakukan melalui penggunaan model pembelajaran yang sesuai. Untuk menentukan model pembelajaran yang sesuai perlu dilakukan eksperimen model pembelajaran salah satunya model pembelajaran inquiry. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inquiry pada mata pelajaran geografi terhadap kemampuan berpikir analitis siswa kelas X ditinjau dari tingkat intelegensinya. Rancangan penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperiment) dengan desain penelitian posttest only control group design. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPS 5 sebagai kelas Eksperimen dan kelas X Lintas Minat 1 sebagai kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan instrument berupa soal esai dengan 5 butir soal sesuai indikator kemampuan berpikir analitis. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan bantuan SPSS 16. 0 for windows. Untuk iji hipotesis digunakan ANAVA (F-test) dengan rancangan faktorial 2x3. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model Inquiry berpengaruh terhadap kemampuan berpikir analitis siswa kelas X di SMA N 1 Batu. Hal tersebut menunjukkan H0 ditolak H1 diterima. Nilai kemampuan berpikir analitis siswa yang menggunakan model inquiry lebih baik (88 33) dibandingkan siswa yang tidak menggunakan model tersebut (84 24). Selain itu model inquiry juga berpengaruh terhadap kemampuan berpikir analitis siswa kelas X ditinjau dari tingkat intelegensinya. Hal tersebut ditunjukkan dari nilai kemampuan berpikir analitis siswa yang memiliki tingkat intelegensi yang tinggi memiliki nilai lebih baik dibandingkan siswa yang memiliki tingkat intelegensi sedang maupun rendah baik dikelas eksperimen maupun kontrol.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 28 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53723

Actions (login required)

View Item View Item