Rachmawaty, Eka Putri (2018) Penerapan model pembelajaran berbasis masalah pada mata pelajaran geografi pokok bahasan hidrosfer untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas X IPS 3 MA Al-Ma'arif Singosari / Eka Putri Rachmawaty. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
i RINGKASAN Rachmawaty Eka Putri. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Mata Pelajaran Geografi Pokok Bahasan Hidrosfer Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X IPS 3 MA Al-Ma arif Singosari. Skripsi Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Hadi Soekamto S.H M.Pd M.Si. (2) Dra. Yuswanti Ariani Wirahayu M.Si. Kata kunci Model Pembelajaran Berbasis Masalah Kemampuan Berpikir Kritis Pembelajaran di dalam kelas tentu tidak lepas dari berbagai macam permasalahan. Salah satu permasalahan tersebut yairu rendahnya kemampuan berpikir kritis. Siswa kelas X IPS 3 MA Al-Ma arif Singosari diketahui memiliki kemampuan berpikir kritis rendah. Rendahnya kemampuan berpikir kritis diketahui berdasarkan nilai tes ulangan harian yang mencakup tiga indikator berpikir kritis dan hasil wawancara. Berdasarkan nilai tes ulangan harian diketahui bahwa kemampuan berpikir kritis siswa rendah terlihat dari jawaban siswa dalam menjawab soal dari 42 siswa hanya delapan siswa (20%) yang mendapatkan nilai tes ulangan harian diatas KKM. Berdasarkan hasil wawancara terungkap bahwa siswa masih memiliki kemampuan berpikir kritis yang rendah hanya ada beberapa siswa yang mampu memberikan pendapat dan mengajukan pertanyaan tentang materi yang diberikan pada saat proses pembelajaran. Penelitian ini memiliki tujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dengan menerapkan model PBM di kelas X IPS 3 MA Al-Ma arif Singosari. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dalam penelitian ini terdapat dua siklus terdiri dari perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi pada setiap siklunya. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPS 3 yang berjumlah 42 siswa. Penelitian ini menggunakan sumber data primer yang diperoleh dari subyek penelitian. Data yang digunakan adalah data kemampuan berpikir kritis yang diperoleh dari hasil tes. Soal tes kemampuan berpikir kritis berupa soal essay sebanyak 5 butir soal untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa. Tes kemampuan berpikir kritis dilaksanakan setelah tindakan pada siklus I dan siklus II. Analisis data yang digunakan yaitu dengan cara membandingkan rata-rata skor kemampuan berpikir kritis siklus I dan siklus II. Rata-rata skor kemampuan berpikir kritis dibandingkan dengan menggunakan tabel dan grafik untuk mengetahui apakah terjadi peningkatan atau penurunan. Hasil penelitian menunjukan bahwa model PBM dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas X IPS 3 MA Al-Ma arif Singosari. Hasil penerapkan model PBM menunjukan bahwa nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis siklus I sebesar 72 7 pada siklus II nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis meningkat menjadi 81 45. Persentase peningkatan kemampuan berpikir kritis siklus I ke siklus II sebesar 12 4%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disarankan bagi pihak sekolah agar menganjurkan kepada guru geografi untuk menerapkan model PBM ketika hendak mengajarkan materi yang sama dengan penelitian ini. Sedangkan bagi guru geografi disarankan agar menerapkan model PBM untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 27 Aug 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/53722 |
Actions (login required)
View Item |