Reskianto (2018) Penerapan model Problem Based Learning (PBL) menggunakan media audio visual pada mata pelajaran geografi untuk meningkatkan kemampuan berpikir analitis siswa kelas XI IPS 1 MAN Gondanglegi Kabupaten Malang / Reskianto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
i RINGKASAN Reskianto. 2018. Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Menggunakan Media Audio Visual pada Mata Pelajaran Geografi untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Analitis Siswa Kelas XI IPS 1 MAN Gondanglegi Kabupaten Malang. Skripsi Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Ardyanto Tanjung S.Pd M.Pd. (2) Dra. Yuswanti Ariani Wirahayu M.Si. Kata Kunci Model Problem Based Learning menggunakan media audio visual Kemampuan Berpikir Analitis Hasil observasi yang dilakukan pada tanggal 13 September 2017 dan hasil ulangan harian siswa kelas XI IPS 1 MAN Gondanglegi Kabupaten Malang menunjukkan adanya beberapa permasalahan. Permasalahan tersebut berhubungan dengan kemampuan berpikir analitis siswa. Permasalahan pertama yang muncul adalah siswa kesulitan menjawab pertanyaan yang memuat kemampuan berpikir analitis. Permasalahan kedua ada pada nilai ulangan harian siswa yang menunjukkan ada 15 siswa yang tidak tuntas dari 36 siswa. Salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan berpikir analitis siswa adalah dengan menerapkan model Problem Based Learning menggunakan media audio visual. Model Problem Based Learning menggunakan media audio visual merupakan model pembelajaran yang menggunakan masalah nyata yang ada di lingkungan sekitar sebagai pokok bahasannya dan media audio visual sebagai alat untuk menyajikan permasalahannya. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir analitis siswa dengan menerapkan model Problem Based Learning menggunakan media audio visual. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas dengan melalui dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan dengan melalui tahap perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian siswa kelas XI IPS 1 MAN Gondanglegi sebanyak 33 siswa. Penelitian ini menggunakan sumber data primer yang langsung diperoleh dari subyek penelitian. Data yang digunakan dalam penelitian yaitu data kemampuan berpikir analitis yang diperoleh dari hasil tes. Pengumpulan data kemampuan berpikir analitis siswa menggunakan soal tes uraian yang berjumlah 4 soal. Soal tes uraian dibuat oleh peneliti yang dikembangkan berdasarkan indikator kemampuan berpikir analitis dan diberikan pada setiap akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir analitis siswa. Pada siklus I nilai rata-rata kemampuan berpikir analitis siswa mencapai 75 76. Sedangkan pada pelaksanaan siklus II nilai rata-rata kemampuan berpikir analitis siswa mencapai 78 60. Berdasarkan hasil tersebut menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berpikir analitis sebesar 2 84 dengan persentase 3 75%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir analitis siswa kelas XI IPS 1 MAN Gondanglegi Kabupaten Malang pada materi dinamika kependudukan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 27 Aug 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/53721 |
Actions (login required)
View Item |