Farisma, Mochammad Iko (2018) Pengaruh model problem solving learning dengan media video terhadap kemampuan memecahkan masalah siswa pada mata pelajaran geografi di SMA Negeri Bareng Kabupaten Jombang / Mochammad Iko Farisma. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
i RINGKASAN Farisma Mochammad Iko. 2018. Pengaruh Model Problem Solving Learning Dengan Media Video Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Siswa Mata Pelajaran Geografi Di SMA Negeri Bareng Kabupaten Jombang. Skripsi. Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Ardyanto Tanjung S.Pd M.Pd. (2) Drs. Djoko Soelistijo M.Si. Kata Kunci Model Problem Solving Learning Dengan Media Video Kemampuan Memecahkan Masalah Mata Pelajaran Geografi. Perubahan proses pembelajaran saat ini memang perlu dilakukan guna meningkatkan kualitas pembelajaran. Salah satu kemampuan yang perlu ditingkatkan adalah kemampuan memecahkan masalah. Pentingnya kemampuan memecahkan masalah adalah melatih siswa berpikir kreatif dalam menghadapi permasalahan. Kemampuan memecahkan masalah diperoleh dari pembelajaran yang inovatif salah satu model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Problem Solving Learning dengan media video. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model Problem Solving Learning dengan media video terhadap kemampuan memecahkan masalah siswa mata pelajaran geografi di SMA Negeri Bareng Kabupaten Jombang. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Subjek penelitian ini yaitu kelas XI IPS 4 sebagai kelas eksperimen dan XI IPS 1 sebagai kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan instrumen berupa soal esai sebanyak 4 butir soal dengan pedoman indikator kemampuan memecahkan masalah. Perhitungan tes yang digunakan untuk mengukur kemampuan memecahkan masalah disesuaikan dengan pedoman penskoran butir soal. Teknik analisis data menggunakan aplikasi SPSS 16.0 for windows. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji-t (analysis of variance). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model Problem Solving Learning dengan media video berpengaruh terhadap kemampuan memecahkan masalah siswa di SMA Negeri Bareng Kabupaten Jombang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan memecahkan masalah siswa menggunakan model Problem Solving Learning dengan media video memiliki nilai rata-rata (75) lebih tinggi dari kelas yang tidak menggunakan model Problem Solving Learning dengan media video dengan nilai rata-rata (69). Artinya dalam penelitian ini model Problem Solving Learning dengan media video berpengaruh terhadap kemampuan memecahkan masalah siswa mata pelajaran geografi di SMA Negeri Bareng Kabupaten Jombang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 24 Aug 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/53720 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |