Pengaruh model pembelajaran problem posing terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran geografi materi Mitigasi Bencana Alam / Sandra Gema Ferdiyanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran problem posing terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran geografi materi Mitigasi Bencana Alam / Sandra Gema Ferdiyanto

Ferdiyanto, Sandra Gema (2018) Pengaruh model pembelajaran problem posing terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran geografi materi Mitigasi Bencana Alam / Sandra Gema Ferdiyanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Ferdiyanto Sandra Gema. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Posing terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi Materi Mitigasi Bencana Alam. Skripsi Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Yusuf Suharto M.Pd. (II) Drs. Hendri Purwito M.Si. Kata kunci model pembelajaran problem posing kemampuan berpikir kritis. Pemilihan model pembelajaran yang tepat akan memperbesar peluang pencapaian keberhasilan belajar siswa. Hal ini perlu diterpakan model pembelajaran problem posing yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Model pembelajaran problem posing menuntut siswa untuk membuat pertanyaan sendiri. Kelebihan model pembelajaran problem posing yaitu mendidik siswa berpikir kritis siswa aktif dalam pembelajaran belajar menganalisis masalah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian quasy exsperiment (eksperimen semu). Desain penelitian ini menggunakan pretest-posttest control group design. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 5 Malang. Subjek penelitian ini adalah kelas eksperimen dan kelas kontrol. Jumlah subjek penelitian ini sebanyak 35 kelas eksperimen dan 33 kelas kontrol. Teknik analisis data menggunakan Independent Sample t-test berbantu program IBM SPSS 23.0 for windowsdengan taraf signifikan (2-tailed) 0 05. Berdasarkan hasil analisis data penelitian dapat diketahui adanya pengaruh penggunaan model pembelajaran problem posing terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran geografi materi mitigasi bencana alam. Dalam hal ini dibuktikan dengan hasil perhitungan uji hipotesis lebih kecil dari pada 0 05 (0 000 0 05). Berdasarkan hal tersebut maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis ditolak yang artinya ada pengaruh model pembelajaran problem posing terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran geografi materi mitigasi bencana alam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53719

Actions (login required)

View Item View Item