Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing menggunakan lembar kegiatan siswa pada mata pelajaran geografi untuk meningkatkan kemampuan berpikir analitis siswa kelas X IIS 4 SMAN 1 Lawang Kabupaten Malang / Rizky Pandu Putro Susetyo - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing menggunakan lembar kegiatan siswa pada mata pelajaran geografi untuk meningkatkan kemampuan berpikir analitis siswa kelas X IIS 4 SMAN 1 Lawang Kabupaten Malang / Rizky Pandu Putro Susetyo

Susetyo, Rizky Pandu Putro (2018) Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing menggunakan lembar kegiatan siswa pada mata pelajaran geografi untuk meningkatkan kemampuan berpikir analitis siswa kelas X IIS 4 SMAN 1 Lawang Kabupaten Malang / Rizky Pandu Putro Susetyo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Susetyo Rizky Pandu Putro 2018. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Menggunakan Lembar KegiatanSiswa Pada Mata Pelajaran Geografi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Analitis Siswa Kelas X IIS 4 SMAN 1 Lawang Kabupaten Malang. Skripsi Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) ArdyantoTanjung S.Pd M.Pd (II) Dra. YuswantiArianiWirahayu M.Si. Kata Kunci Inkuiri terbimbing menggunakan LKS kemampuan berpikir analitis Kemampuan berpikir analitis merupakan kemampuan dasar yang harus dimiliki siswa dalam memecahkan suatu masalah. Siswa yang memiliki kemampuan berpikir analitis cenderung lebih pandai dengan daya nalar yang cukup dan dapat mencari solusi terhadap masalah yang dihadapinya.Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan diperoleh hasil bahwa siswa di kelas X IIS 4 SMAN 1 Lawang Kabupaten Malang memiliki kemampuan berpikir analitis yang tergolong rendah. Kemampuanberpikiranalitis yang tergolongrendahtersebutterlihatdarihasilulanganharian pada materidasardasarpemetaan. Siswa yang tergolongrendahdan nilaidi bawah KKM sebanyak77 8%siswa. Hal inidisebabkansiswatidakterbiasamengerjakansoal-soalanalitis. Untuk memecahkan masalah pembelajaran tersebut salah satu model pembelajaran geografi yang dapat digunakanadalah pembelajaran InkuiriTerbimbing.Inkuiri Terbimbingakan dipadukan dengan Lembar Kegiatan Siswa (LKS). Dengan model pembelajaran Inkuiri Terbimbingdipadukan dengan LKSdiharapkan mampu untuk meningkatkan kemampuan berpikir analitis siswa kelas X IIS4 SMAN 1 Lawang. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang terdiri dari dua siklus masing-masing siklus terdiri dari duapertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar tes kemampuan berpikir analitis. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir analitis siswa dengan menerapkan pembelajaran inkuiri terbimbing menggunakan LKS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Inkuiri Terbimbing menggunakan LKS ini dapat meningkatkan kemampuan berpikir analitis dengan nilai ratarata sebesar 76 11 pada siklus I dan mengalami peningkatan nilai rata-rata sebesar 81 1 pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis inkuiridipadukan dengan LKSdapat meningkatkan kemampuan berpikir analitis siswa kelas X IIS4 SMAN 1 Lawang Kabupaten Malang. Berdasarkan kesimpulan diatas dapat disarankan beberapa hal sebagai berikut (1) Bagi Guru Geografi sebaiknya merancang pembelajaran dengan baik dan lebihtelitidalampenggunaanwaktu. (2) Bagi peneliti selanjutnya diharapkan Model pembelajaran Inkuiri Terbimbing menggunakan LKS dapat digunakan sebagai informasi untuk mengembangkan penelitian sejenis dalam lingkup yang lebih luas pada materi-materi lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53717

Actions (login required)

View Item View Item