Pengaruh Model Pembelajaran Spasial Gresmehl Terhadap Keterampilan Geografi Siswa Kelas X SMAN 01 Rogojampi Banyuwangi / Evi Fitria Winata - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh Model Pembelajaran Spasial Gresmehl Terhadap Keterampilan Geografi Siswa Kelas X SMAN 01 Rogojampi Banyuwangi / Evi Fitria Winata

Winata, Evi Fitria (2018) Pengaruh Model Pembelajaran Spasial Gresmehl Terhadap Keterampilan Geografi Siswa Kelas X SMAN 01 Rogojampi Banyuwangi / Evi Fitria Winata. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Winata Evi Fitria. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Spasial Gresmehl Terhadap Keterampilan Geografi Siswa Kelas X SMAN 01 Rogojampi Banyuwangi. Skripsi. Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Budi Handoyo M.Si (II) Drs. Hendri Purwito M.Si Kata Kunci model pembelajaran spasial keterampilan geografi. Geografi merupakan salah satu study yang menyesuaikan dengan pendekatan spasial namun dalam prakteknya pembelajaran yang dilakukan belum pernah menggunakan model yang berbasis spasial. Sehingga model pembelajaran spasial penting diterapkan dalam pembelajaran geografi. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh model pembelajaran spasial Gersmehl terhadap keterampilan geografi siswa. Digunakannya model pembelajaran spasial adalah untuk meningkatkan mindset spasial yang akan mempengaruhi keterampilan geografi yang dimiliki siswa. Hal tersebut dikarenakan beberapa indikator keterampilan geografi mengarah pada kemampuan dasar berfikir spasial sehingga dengan kemampuan spasial siswa dapat meningkatkan keterampilan geografinya. Penelitian ini dirancang menggunakan eksperimen semu dengan pretest-posttest group control design. Subyek penelitian ini adalah kelas X IPS 4 sebagai kelas eksperimen dan X IPS 3 sebagai kelas kontrol. Data yang diperoleh dari penelitian ini adalah data keterampilan geografi siswa. Instrumen penelitian ini terdiri dari 5 soal essai yang telah divalidasi dengan menggunakan validasi isi. Analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan independent sample t-test dengan bantuan SPSS 16.00 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai sig (2-tailed) adalah 0 000 0 05 dan rata-rata kelas eksperimen adalah 74 3 hasil tersebut lebih besar dari nilai kelas kontrol yang memiliki rata-rata 72 4 Hasil tersebut menunjukkan bahwa H0 ditolak atau dengan kata lain model pembelajaran spasial Gersmehl berpengaruh terhadap peningkatan keterampilan geografi kelas X di SMAN 01 Rogojampi Kabupaten Banyuwangi. Berdasarkan temuan penelitian disarankan untuk penerapan model pembelajaran spasial Gersmehl disesuaikan dengan karakteristik materi pembelajaran. Terlebih pada materi pembelajaran yang berbasis spasial. guru dapat merealisasikannya dengan menyusun RPP yang memiliki fokus pada kegiatan pembelajaran berbasis keruangan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 21 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53713

Actions (login required)

View Item View Item