Penerapan model Project Based Learning (PJBL) pada materi Dinamika Kependudukan di Indonesia untuk meningkatkan berpikir analitis siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Singosari / Lusidha Cahyaningrum

Cahyaningrum, Lusidha (2018) Penerapan model Project Based Learning (PJBL) pada materi Dinamika Kependudukan di Indonesia untuk meningkatkan berpikir analitis siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Singosari / Lusidha Cahyaningrum. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Cahyaningrum Lusidha. 2018. Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) pada Materi Dinamika Kependudukan di Indonesia untuk Meningkatkan Berpikir Analitis Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Singosari. Skripsi. Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Ardyanto Tanjung, S.Pd, M.Pd (2) Drs. Hendri Purwito, M.Si. Kata Kunci: Berpikir Analitis, Model Project Based Learning, Mata pelajaran Geografi. Siswa kurang berpikir analitis pada matapelajaran geografi kelas XI IPS D SMA Negeri 1 Singosari terlihat ketika dilakukan penelitian pra-tindakan. Hal ini, ditandai hasil dari artikel yang dibuat cenderung menyalin dari artikel atau jurnal tanpa menganalisis terlebih dahulu. Rata-rata hasil artikel yang ditulis siswa tidak menunjukkan permasalahan yang khusus akan tetapi permasalahan yang umum. Indikasi kurang berpikir analitis siswa tidak bisa menjawab rumusan masalah yang bertujuan untuk memecahkan masalah yang dikaji. Pembahasan dalam artikel tidak menunjukkan pemecahan masalah atau tidak memberikan solusi. Kurangnya berpikir analitis terlihat pada proses pembelajaran yang tidak menghubungkan keadaan nyata. Pembelajaran dengan cara menghafal membuat siswa sulit berpikir analitis. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan berpikir analitis siswa dengan menggunakan Model Project Based Learning (PjBL) di kelas XI IPS D SMA Negeri 1 Singosari. Rancangan penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan desain dua siklus penerapan model pembelajaran. Penerapannya dilakukan pada kelas XI IPS D dengan jumlah 35 siswa. Untuk menguji kemampuan berpikir analitis siswa menggunakan soal uraian sebanyak 4 soal sesuai dengan indikator berpikir analitis. Ketercapaian menggunakan model (PjBL) dibandingkan antara kegiatan pra-tindakan dan pasca tindakan. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari nilai hasil rata-rata siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model (PjBL) dapat meningkatkan berpikir analitis siswa kelas XI IPS D SMA Negeri 1 Singosari. Hasil penerapan model (PjBL) memiliki nilai rata-rata post test 81,09 sedangkan pada nilai post test siklus II yaitu 86. Peningkatan berpikir analitis siklus I dan siklus II memiliki persentase 6,05% sedangkan perbandingan antara pra-tindakan dengan siklus I memiliki persentase 27,72% dengan itu maka dapat disimpulkan peningkatan yang cukup signifikan hasil post test tersebut maka model PJBL berhasil dalam meningkatkan berpikir analitis siswa kelas X I IPS D SMA Negeri 1 Singosari.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53712

Actions (login required)

View Item View Item