Penerapan model Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan berpikir analitis siswa pada materi Keragaman Budaya Indonesia mata pelajaran Geografi kelas XI IPS di MAN Kota Batu / Duwi Setiyo Wigati Ningsih

Ningsih, Duwi Setiyo Wigati (2018) Penerapan model Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan berpikir analitis siswa pada materi Keragaman Budaya Indonesia mata pelajaran Geografi kelas XI IPS di MAN Kota Batu / Duwi Setiyo Wigati Ningsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

iv RINGKASAN Ningsih, Duwi Setiyo Wigati. 2018. Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Analitis Siswa pada Materi Keragaman Budaya Indonesia Mata Pelajaran Geografi Kelas XI IPS 1 MAN Kota Batu. Skripsi, Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Ardyanto Tanjung, S.Pd., M.Pd., (II) Drs. Hendri Purwito, M.Si. Kata Kunci : Problem Based Learning (PBL), Kemampuan Berpikir Analitis Pembelajaran menurut kurikulum 2013 mengarahkan siswa untuk terlibat selama pembelajaran dan memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi. Pembelajaran yang demikian belum ditemukan peneliti pada saat observasi pra tindakan di kelas XI IPS 1 MAN Kota Batu. Apabila guru mengajukan pertanyaan kognitif analitis C4, siswa cenderung menjawab pertanyaan tersebut dengan jawaban soal kognitif C1 dan C2. Disamping itu, hasil ulangan harian materi Ketahanan Pangan yang memuat soal analitis, hanya ada 4 siswa yang mencapai KKM. Model pembelajaran yang digunakan juga satu arah sehingga keterlibatan siswa masih kurang. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir analitis siswa kelas XI IPS 1 MAN Kota Batu pada Materi Keragaman Budaya Indonesia. Hal ini ditinjau dari permasalahan yang ditemukan berdasarkan hasil observasi pra tindakan. Model PBL digunakan supaya siswa dapat menggali pengetahuan secara mandiri sehingga berdampak pada meningkatnya kemampuan berpikir analitis, khususnya pada materi Pelestarian dan Pemanfaatan Produk Kebudayaan Indonesia dalam Bidang Ekonomi Kreatif dan Pariwisata. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Rancangan penelitian ini diawali dengan melakukan observasi pra tindakan, diikuti pelaksanaan tindakan selama dua siklus dengan setiap siklusnya terdiri dari dua pertemuan. Masing-masing siklus diakhiri dengan observasi serta refleksi. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI IPS 1 MAN Kota Batu dengan jumlah 26 siswa yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Data kemampuan berpikir analitis siswa diperoleh dari tes kemampuan berpikir analitis siswa yang dilakukan pada setiap akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan berpikir analitis setelah diterapkan model PBL. Kondisi ini diperkuat dengan hasil tes kemampuan berpikir analitis siswa yang mengalami peningkatan dari keseluruhan indikator yang digunakan pada setiap siklus. Rata-rata nilai kemampuan berpikir analitis siswa diperoleh hasil sebesar 70,27 untuk siklus I dan 85,50 untuk siklus II, dimana mengalami peningkatan sebesar 15,23 atau 21,67%. Adanya hasil tersebut tidak lepas dari kegiatan selama tindakan yang menyajikan permasalahan kontekstual khususnya pada materi Keragaman Budaya Indonesia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53711

Actions (login required)

View Item View Item