Pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis ditinjau dari motivasi berprestasi siswa kelas XI SMAN 1 Ngadirojo / Rizki Ardya Harditama Putra - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis ditinjau dari motivasi berprestasi siswa kelas XI SMAN 1 Ngadirojo / Rizki Ardya Harditama Putra

Putra, Rizki Ardya Harditama (2018) Pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis ditinjau dari motivasi berprestasi siswa kelas XI SMAN 1 Ngadirojo / Rizki Ardya Harditama Putra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Putra Rizki Ardya Harditama. 2018. Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Ditinjau Dari Motivasi Berprestasi. Skripsi. Jurusan Geografi Fakultas Imu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Hadi Soekamto SH M.Pd M.Si. (2) Purwanto S.Pd M.Si Kata kunci Model Problem Based Learning Kemampuan Berpikir Kritis Motivasi Berprestasi Pembelajaran yang dirancang dengan baik dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis. Kemampuan berpikir kritis penting dimiliki siswa. Kemampuan berpikir kritis dapat membantu siswa menganalisis ide atau gagasan. Kemampuan berpikir kritis diperlukan siswa untuk menganalisis karena dapat menghadapi tantangan global. Kemampuan berpikir rkitis dapat diperoleh melalui model Problem Based Learning. Penerapan model tersebut dalam pembelajaran memiliki kelebihan yaitu siswa dapat mengintegrasikan pengetahuan dan ketrampilannya mampu meningkatkan aktivitas belajar siswa siswa mampu memecahkan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model Problem Based Learning berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis ditinjau dari motivasi berprestasi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Ngadirojo. Rancangan penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain posttest only control grup design yang terdiri dari kelas eksperimen dan kontrol. Subyek penelitian ini yaitu kelas XI IPS 3 sebagai kelas eksperimen dan XI IPS 2 sebagai kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan instrumen tes kemampuan berpikir kritis berupa soal essai sebanyak 4 butir soal. Analisis data kemampuan berpikir kritis dan tingkat kecerdasan siswa menggunakan uji faktorial 2x3. Teknik analisis data menggunakan SPSS 16.0 for windows. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji- f (analysis of variances). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis pada kelas yang menggunakan model Problem Based Learning memiliki nilai rata-rata (80) lebih tinggi dari kelas yang tidak menggunakan model Problem Based Learning (78). Selain itu hasil nilai signifikasn menunjukkan 0 01 8804 0 05 maka hal tersebut berarti H0 ditolak. Berdasarkan hasil ini dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMA Negeri 1 Ngadirojo. Selain itu model Problem Based Learning ditinjau dari motivasi berprestasi siswa juga berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMA Negeri 1 Ngadirojo. Hal tersebut dapat ditunjukkan dari hasil nilai signifikasi yaitu 0 00 8804 0 05 maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak sehingga menerima H1 yang artinya model Problem Based Learnng ditinjau dari motivasi berprestasi siswa berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMA Negeri 1 Ngadirojo

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53710

Actions (login required)

View Item View Item