Penerapan media pembelajaran berbasis adobe flash untuk meningkatkan minat belajar pada mata pelajaran geografi peserta didik kelas XI IPS 2 SMA Laboratorium UM / Dyah Ayu Safitri - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan media pembelajaran berbasis adobe flash untuk meningkatkan minat belajar pada mata pelajaran geografi peserta didik kelas XI IPS 2 SMA Laboratorium UM / Dyah Ayu Safitri

Safitri, Dyah Ayu (2018) Penerapan media pembelajaran berbasis adobe flash untuk meningkatkan minat belajar pada mata pelajaran geografi peserta didik kelas XI IPS 2 SMA Laboratorium UM / Dyah Ayu Safitri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

viii RINGKASAN Safitri Dyah Ayu. 2018. Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Adobe Flash untuk Meningkatkan Minat Belajar Pada Mata Pelajaran Geografi Siswa Kelas XI IPS 2 SMA Laboratorium UM. Skripsi Jurusan Geografi. Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Ardyanto Tanjung S.Pd M.Pd (2) Drs. Marhadi Slamet Kristiyanto M.Si. Kata Kunci Minat Belajar Media Adobe flash. Pembelajaran Geografi di sekolah masih ditemukannya berbagai kelemahan salah satunya yaitu rendahnya minat belajar peserta didik seperti yang terjadi di kelas XI IPS 2 SMA Laboratorium UM. Hasil observasi dan wawancara yang telah dilakukan pada peserta didik di kelas XI IPS 2 diketahui bahwa peserta didik mengakui bahwa tidak berminat dalam mata pelajaran Geografi karena bersifat hafalan dan kurangnya variasi media yang digunakan sehingga menyebabkan rendahnya minat belajar pada mata pelajaran Geografi. Rendahnya minat belajar peserta didik dalam mata pelajaran Geografi juga dibuktikan dari hasil angket pada pra siklus yang menunjukkan minat peserta didik di kelas XI IPS 2 SMA Laboratorium UM masuk dalam kategori rendah dengan rata-rata 46.95. Berdasarkan permasalahan tersebut maka perlu dilakukan perbaikan pembelajaran untuk mengatasi permasalahan rendahnya minat belajar peserta didik pada mata pelajaran Geografi. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan minat belajar peserta didik dengan menerapkan media pembelajaran berbasis adobe flash. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dengan 2 siklus. Peneliti terlibat langsung dalam penelitian mulai dari perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket minat belajar berjumlah 20 soal dengan empat indikator minat belajar yaitu perasaan senang ketertarikan perhatian dan keterlibatan. Tes ini diberikan pada setiap akhir siklus. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan di kelas XI IPS 2 SMA Laboratorium UM pada mata pelajaran Geografi materi mitigasi bencana terdapat peningkatan minat belajar di setiap indikatornya. Peningkatan indikator perasaan senang dari pra siklus ke siklus I adalah 8.75 dan pada siklus I ke siklus II adalah 16.87. Peningkatan indikator ketertarikan dari pra siklus ke siklus I adalah 7.96 dan siklus I ke siklus II adalah 19.54. Peningkatan indikator perhatian dari pra siklus ke siklus I adalah 8.13 dan siklus I ke siklus II adalah 20. Peningkatan indikator keterlibatan dari pra siklus ke siklus I adalah 6.88 dan siklus I ke siklus II adalah 16.56. Berdasarkan data hasil penelitian penerapan media pembelajaran berbasis adobe flash untuk meningkatkan minat belajar pada mata pelajaran geografi siswa kelas XI IPS 2 SMA Laboratorium UM dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis adobe flash dapat meningkatkan minat belajar peserta didik kelas XI IPS 2 SMA Laboratorium UM.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 16 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53708

Actions (login required)

View Item View Item