Pengaruh model pembelajaran sains teknologi dan masyarakat terhadap kemampuan berpikir spasial siswa SMA Negeri 2 Malang / Fara Wahyu Aziza

Aziza, Fara Wahyu (2018) Pengaruh model pembelajaran sains teknologi dan masyarakat terhadap kemampuan berpikir spasial siswa SMA Negeri 2 Malang / Fara Wahyu Aziza. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Aziza, Fara Wahyu. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Sains, Teknologi dan Masyarakat Terhadap Kemampuan Berpikir Spasial Siswa SMA Negeri 2 Malang. Skripsi. Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Budi Handoyo, M.Si, (2) Dra. Yuswanti Ariani Wirahayu, M.Si. Kata Kunci: Model Sains Teknologi dan Masyarakat, Kemampuan Berpikir Spasial. Sains Teknologi Masyarakat (STM) merupakan model yang mengarahkan dan melibatkan siswa untuk siap dan dalam menghadapi permasalahan yang ada dalam masyarakat dengan menggunakan pengetahuan yang telah dimilikinya. Siswa menemukan, menganalisis, dan memecahkan masalah yang terjadi. Proses tersebut membutuhkan kemampuan berpikir spasial yang berkaitan dengan ruang untuk memecahkan masalah. Masalah yang disajikan dala pemberian alasan merupakan masalah yang berkaitan dengan lingkungan sekitar sehingga dapat memunculkan daya tarik siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran sains, teknologi dan masyarakat terhadap kemampuan berpikir spasial siswa. Jenis penelitian ini adalah Quasy Experiment dengan pretest-posttest control group design. Subjek Penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 2 sebagai kelas eksperimen dan XI IPS 3 sebagai kelas kontrol. Data yang diperoleh dari penelitian ini adalah data kemampuan berpikir spasial siswa. Instrumen penelitian ini terdiri dari 8 soal essai yang telah divalidasi dengan menggunakan validasi isi. Analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan independent sample t-test dengan bantuan SPSS 16.00 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat berpengaruh terhadap kemampuan berpikir spasial siswa. Hal tersebut dapat dilihat dari perbedaan nilai rata-rata kelas kemampuan berpikir spasial siswa, dimana rata-rata nilai kelas eksperimen sebesar 90,41, sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol 81,79. Berdasarkan hasil analisis uji t menunjukkan signifikansi sebesar 0,023. Dengan demikian, nilai signifikansi 0,023 < 0,05, maka H0 ditolak. Oleh sebab itu, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat berpengaruh terhadap kemampuan berpikir spasial siswa SMA Negeri 2 Malang. Guru disarankan untuk menerapkan model pembelajaran Sains Teknologi dan Masyarakat dalam mebelajaran di sekolah, karena mampu meningkatkan kemampuan berpikir spasial siswa. Peneliti selanjutnya disarankan untuk melakukan penelitian mengenai model pembelajaran Sains, Teknologi dan Masyarakat pada materi lain dan mengukur kemampuan lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53706

Actions (login required)

View Item View Item