Pengaruh model pembelajaran problem posing terhadap kemampuan berpikir analitis siswa pada mata pelajaran geografi di SMA Negeri Jogoroto Kabupaten Jombang / Tri Woyono - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran problem posing terhadap kemampuan berpikir analitis siswa pada mata pelajaran geografi di SMA Negeri Jogoroto Kabupaten Jombang / Tri Woyono

Woyono, Tri (2018) Pengaruh model pembelajaran problem posing terhadap kemampuan berpikir analitis siswa pada mata pelajaran geografi di SMA Negeri Jogoroto Kabupaten Jombang / Tri Woyono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Woyono Tri. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Problem posing terhadap Kemampuan Berpikir Analitis Siswa Pada Mata pelajaran Geografi di SMA Negeri Jogoroto Kabupaten Jombang. Skripsi Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Yusuf Suharto M.Pd. (2) Drs. Hendri Purwito M.Si. Kata Kunci Model Pembelajaran Problem posing Kemampuan Berpikir Analitis Pemilihan model pembelajaran yang tepat akan memperbesar peluang mencapai tujuan pembelajaran. Model pembelajaran problem posing dapat dipilih untuk meningkatkan kemampuan berpikir analitis siswa. Kegiatan dalam model pembelajaran problem posing menuntut siswa untuk membuat pertanyaan sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran problem posing terhadap kemampuan berpikir analitis siswa pada mata pelajaran geografi di SMA Negeri Jogoroto Kabupaten Jombang. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen semu (quasy eksperiment) menggunanakan Pretest-posttest Control Group Design. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas X IPS 3 sebagai kelas kontrol dan kelas X IPS 1 sebagai kelas eksperimen tahun ajaran 2017/2018 di SMA Negeri Jogoroto Kabupaten Jombang. Instrumen penelitian berupa tes yang terdiri dari pretest dan posttest. Teknik analisis data menggunakan Independent sample t-test dengan taraf signifikasi (2-tailed) 0 05 berbantu progam IBM SPSS Statistics 24 for Windows. Berdasarkan hasil analisis data penelitian dapat diketahui ada pengaruh model pembelajaran problem posing terhadap kemampuan berpikir analitis siswa pada mata pelajaran geografi di kelas eksperimen. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil perhitungan uji hipotesis yaitu (0 008 0 05). Perolehan nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yaitu (80 41 76 03). Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran problem posing berpengaruh terhadap kemampuan berpikir analitis siswa pada mata pelajaran geografi di SMA Negeri Jogoroto Kabupaten Jombang. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan penelitian yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penerapan model pembelajaran problem posing terhadap kemampuan berpikir analitis siswa pada mata pelajaran geografi kelas X IPS SMA Negeri Jogoroto Kabupaten Jombang. Saran yang dapat diajukan dalam penelitian ini bagi guru dalam pelaksanaan disarankan untuk memperhatikan waktu sebab model pembelajaran problem posing memiliki banyak kegiatan sehhingga membutuhkan waktu yang lama. Bagi peneliti lanjut disarankan supaya melakukan penelitian menggunakan model pembelajaran problem posing ini pada materi lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53704

Actions (login required)

View Item View Item