Penerapan model Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah dinamika hidrosfer kelas X IPS 3 SMAN 1 Turen Kabupaten Malang / Rizky Amalia Putri Romli - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah dinamika hidrosfer kelas X IPS 3 SMAN 1 Turen Kabupaten Malang / Rizky Amalia Putri Romli

Romli, Rizky Amalia Putri (2018) Penerapan model Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah dinamika hidrosfer kelas X IPS 3 SMAN 1 Turen Kabupaten Malang / Rizky Amalia Putri Romli. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Romli Rizky Amalia Putri. 2018. Penerapan Model Problem BasedLearning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Memecahkan MasalahDinamika Hidrosfer Kelas X IPS 3SMAN 1 Turen Kabupaten Malang. Skripsi Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Hadi Soekamto S.H M.Pd M.Si. (2) Drs. Rudi Hartono M.Si. Kata kunci Model Pembelajaran Problem Based Learning Kemampuan Memecahkan Masalah Pembelajaran di dalam kelas tidak lepas dari berbagai macam permasalahan. Salah satu permasalahan tersebut yaitu rendahnya kemampuan memecahkan masalah. Diketahui bahwa peserta didik kelas X IPS 3 SMAN 1 Turen Kabupaten Malang memiliki kemampuan memecahkan masalah yang rendah. Hal tersebut diketahui melalui analisis penyebab rendahnya kemampuan memecahkan masalah yang terdiri dari (1) peserta didik (2) guru (3) sarana dan prasarana (4) penerapan strategi pembelajaran. Berdasarkan analisis penyebab tersebut diketahui bahwa penerapan strategi pembelajaran merupakan penyebab utama rendahnya kemampuan memecahkan masalah peserta didik. Untuk mengatasi permasalahan tersebut diperlukan model pembelajaran yang tepat dan berorientasi pada kompetensi peserta didik khususnya dalam kemampuan memecahkan masalah. Model pembelajaran yang disarankan untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu model Problem Based Learning (PBL). Dengan demikian tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan memecahkan masalah peserta didik kelas X IPS 3 SMA Negeri 1 Turen Kabupaten Malang menggunakan model Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian peserta didik kelas X IPS 3 SMA Negeri 1 Turen Kabupaten Malang yang berjumlah 30 orang. Penelitian ini dilaksanakan dengan dua siklus setiap siklus terdiri dari empat langkah proses pembelajaran yang meliputi orientasi mahasiswa pada masalah mengorganisasi mahasiswa untuk belajar membimbing penyelidikan individu/kelompok mengembangkan dan menyajikan hasil karya serta menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu nilai hasil tes kemampuan memecahkan peserta didik. Tes kemampuan memecahkan masalah dilaksanakan setelah tindakan siklus I dan siklus II. Instrumen penelitian yang digunakan adalah soal esai kemampuan memecahkam masalah yang berjumlah 4 soal dengan 12 butir pertanyaan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan dari tahap siklus I hingga siklus II. Rata-rata nilai kemampuan memecahkan masalah peserta didik pada siklus I sebesar 79 46 dan pada siklus II sebesar 84 44. Hal tersebut menunjukkan bahwa adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 4 98 (6 27%). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan kemampuan memecahkan masalah peserta didik kelas X IPS 3 SMA Negeri 1 Turen Kabupaten Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53703

Actions (login required)

View Item View Item