Pengaruh model pembelajaran inquiry 4E X 2 terhadap kemampuan berpikir spasial siswa SMA Negeri 4 Blitar / Novia Alasca Gracia

Gracia, Novia Alasca (2018) Pengaruh model pembelajaran inquiry 4E X 2 terhadap kemampuan berpikir spasial siswa SMA Negeri 4 Blitar / Novia Alasca Gracia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Gracia, Novia Alasca. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry 4E X 2 terhadap Kemampuan Berpikir Spasial Siswa SMA Negeri 4 Blitar. Skripsi, Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Budi Handoyo, M.Si, (II) Dr. Didik Taryana, M.Si. Kata Kunci: model pembelajaran Inquiry 4E X 2, kemampuan berpikir spasial Pembelajaran geografi yang efektif menuntut pilihan model pembelajaran yang tepat. Salah satu diantara model pembelajaran tersebut yaitu inquiry 4E X 2. Model pembelajaran inquiry 4E X 2 adalah pembelajaran yang berpusat pada siswa dimana siswa dalam membangun pengetahuannya dengan tahapan berpikir melalui kegiatan observasi ataupun penelitian. Kelebihan model pembelajaran inquiry 4E X 2 diantaranya mengembangkan kemampuan berpikir kritis, pembelajaran lebih bermakna, pemahaman siswa terhadap pengetahuan lebih mendalam, dan meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan analitis. Namun dalam pembelajaran geografi efektivitas model pembelajaran tersebut belum diketahui terutama terhadap kemampuan berpikir spasial. Tujuan penelitian ini untuk membuktikan adanya pengaruh model pembelajaran inquiry 4E X 2 terhadap kemampuan berpikir spasial. Jenis penelitian adalah quasi experiment. Penelitian ini dilaksanakan di SMA N 4 Blitar. Rancangan yang digunakan pretest-posttest only control group design. Penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu X IS 5 sebagai kelas eksperimen dan X IS 6 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian menggunakan soal esai yang sebelumnya telah diuji validitas dan reliabilitas. Soal esai diberikan sebelum dan sesudah perlakuan penelitian. Analisis data dilakukan dengan uji hipotesis menggunakan uji t (Independent Sample t-test). Analisis data penelitian menggunakan Uji Statistik Parametrik dengan bantuan SPSS 16.0 for windows. Hasil penelitian berdasarkan uji hipotesis diketahui bahwa nilai probabilitas 0,002

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53702

Actions (login required)

View Item View Item