Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Terbimbing Dengan Fieldwork Pada Mata Pelajaran Geografi Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Turen Kabupaten Malang / Viska Fadmi Restuanda - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Terbimbing Dengan Fieldwork Pada Mata Pelajaran Geografi Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Turen Kabupaten Malang / Viska Fadmi Restuanda

Restuanda, Viska Fadmi (2018) Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Terbimbing Dengan Fieldwork Pada Mata Pelajaran Geografi Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Turen Kabupaten Malang / Viska Fadmi Restuanda. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Restuanda Viska Fadmi. Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Terbimbing Dengan Fieldwork Pada Mata Pelajaran Geografi Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Turen Kabupaten Malang. Skripsi Jurusan Geografi FIS Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Ardyanto Tanjung S.Pd M.Pd (II) Dra. Yuswanti Ariani Wirahayu M.Si Kata Kunci Model Pembelajaran Inquiry Terbimbing Fieldwork kemampuan berpikir kritis siswa Pembelajaran merupakan komponen penting yang harus dilaksanakan guru dalam proses pembelajaran. Pembelajaran tersebut dilengkapi dengan media metode model pembelajaran. Model pembelajaran yang efektif salah satunya adalah inquiry terbimbing dengan fieldwork. Inquiry terbimbing dengan fieldwork akan memaksimalkan proses pembelajaran karena guru dapat membimbing siswa untuk melakukan penyelidikan berdasarkan panduan yang telah diberikan. Dengan demikian kemampuan berpikir kritis siswa akan terbentuk apabila mereka mampu merancang sendiri strategi pemecahan masalah. Kemampuan berpikir kritis tersebut akan mempercepat efisiensi belajar terutama dalam pembelajaran yang berdasarkan pengalaman langsung melalui fieldwork. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh pembelajaran inquiry terbimbing dengan fieldwork terhadap kemampuan berpikir kritis. Rancangan penelitian yang digunakan adalah quasi eksperiment dengan Nonequivalent Control Group Design. Subjek penelitian ini kelas XI IPS 2 sebagai kelas eksperimen dan XI IPS 3 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah pretest sebanyak 5 butir soal essai dan postest mengerjakan soal yang sama yaitu sebanyak 5 butir soal essai. Analisis data yang dilakukan melalui uji prasyarat dan uji hipotesis. Uji prasyarat yang terdiri dari uji normalitas dan uji homogenitas. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji t tidak berpasangan (Independent sample t test). Hasil penelitian terdapat perbedaan antara tingkat kemampuan berpikir kritis siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hal ini dilihat dari nilai signifikan Uji t 0 000 0 05 dan perhitungan rata-rata gain core kelas eksperimen lebih tinggi (28 06) dibanding kelas kontrol (16 97). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inquiry terbimbing dengan fieldwork memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan berpikir siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Turen Kabupaten Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53701

Actions (login required)

View Item View Item