Penerapan pembelajaran kooperatif tipe take and give untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa sekolah dasar / Vicky Budi Utomo - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif tipe take and give untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa sekolah dasar / Vicky Budi Utomo

Utomo, Vicky Budi (2015) Penerapan pembelajaran kooperatif tipe take and give untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa sekolah dasar / Vicky Budi Utomo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Utomo Vicky Budi. 2015. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Take and Give untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa Sekolah Dasar. Skripsi Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Dedi Kuswandi M.Pd (II) Saidah Ulfa S.T M.Edu Ph.D. Kata Kunci Pembelajaran Kooperatif Take and Give Hasil belajar Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang dilakukan pada hari senin tanggal 20 Januari 2015 di kelas V SDN 04 Arjowilangun ditemukan fakta bahwa pembelajaran IPA belum sesuai dengan harapan. Pembelajaran hanya berorientasi pada guru dan LKS. Kegiatan siswa hanya sebatas mendengarkan penjelasan dari guru kemudian mengisi LKS untuk selanjutnya dibahas bersama-sama di kelas. Hal ini berdampak pula pada hasil belajar siswa sebanyak 9 dari 15 siswa atau 60% dari keseluruhan siswa belum mencapai KKM. Penelitian yang akan dilakukan penulis berjudul Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Take and Give untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) dan dilakukan 2 siklus siklus I terdiri dari 2 pertemuan sedangkan siklus II terdiri dari 1 pertemuan dengan tahapan penelitian meliputi perencanaan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan pembelajaran kooperatif tipe Take and Give untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa sekolah dasar. Hasil penelitian ini menunjukkan proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru sudah sesuai dengan RPP yang telah dibuat dimana guru telah mengetahui perannya dalam pembelajaran sesuai dengan penerapan pembelajaran kooperatif tipe Take and Give. Antusias siswa dalam pembelajaran dari rangkaian tiap pembelajaran mengalami peningkatan dari yang semula takut dan malu pada akhirnya siswa aktif dalam kegiatan menjelaskan hasil pengematan mengajukan pertanyaan dan memberikan tanggapan. Hal ini mendorong siswa dalam proses pemerolehan pengetahuan penguasaan dan perluasan konsep serta aplikasi konsep dalam kehidupan sehari-hari. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe Take and Give dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan proses pembelajaran pada siswa kelas V SDN 04 Arjowilangun Kabupaten Malang. Oleh karena itu guru disarankan untuk menerapkan pembelajaran kooperatif tipe Take and Give pada mata pelajaran IPA dalam proses pembelajaran agar hasil belajar siswa meningkat dan pemahaman siswa berkembang lebih optimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Jul 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/537

Actions (login required)

View Item View Item