Pemanfaatan media pembelajaran stellarium untuk meningkatkan pemahaman konsep pada materi tata surya kelas X IPS 2 SMA Negeri 6 Malang / Ahmad Salimudin - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemanfaatan media pembelajaran stellarium untuk meningkatkan pemahaman konsep pada materi tata surya kelas X IPS 2 SMA Negeri 6 Malang / Ahmad Salimudin

Salimudin, Ahmad (2018) Pemanfaatan media pembelajaran stellarium untuk meningkatkan pemahaman konsep pada materi tata surya kelas X IPS 2 SMA Negeri 6 Malang / Ahmad Salimudin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Salimudin Ahmad. 2018. Pemanfaatan Media Pembelajaran Stellarium Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Pada Materi Tata Surya Kelas X IPS 2 SMA Negeri 6 Malang. Skripsi. Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Ardyanto Tanjung S.Pd M.Pd. (2) Drs. Hendri Purwito M.Si Kata kunci Media Pembelajaran Stellarium Pemahaman Konsep Latar belakang penelitian ini yaitu masih rendahnya nilai pemahaman konsep siswa pada mata pelajaran geografi materi tata surya Pemahaman merupakan kemampuan siswa untuk menerima informasi dari suatu materi pelajaran kemudian mampu medeskripsikan informasi tersebut ke dalam sebuah ucapan maupun tulisan dengan bahasanya sendiri dan diukur menggunakan sebuah tes. Pemahaman konsep sangat penting dikuasai oleh siswa karena tujuan dari proses pembelajaran adalah agar siswa paham tentang materi tata surya. Tujuan tersebut dapat dicapai yaitu dengan memanfaatkan media pembelajaran yaitu Stellarium. Stellarium merupakan sebuah software yang bisa mensimulasikan bintang-bintang dilangit baik siang maupun malam secara realtime atau seperti pada kondisi sesungguhnya. Media Stellarium ini sangat membantu dalam proses pembelajaran mengenai fenomena alam semesta ataupun cukup untuk mengenal anggota tata surya seperti planet satelit bintang fenomena gerhana dan lain sebagainya. Berdasarkan pemaparan di atas maka penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa pada mata pelajaran geografi materi tata surya di kelas X IPS 2 SMA Negeri 6 Malang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Tindakan yang diterapkan adalah penerapan media Stellarium pada pembelajaran geografi materi tata surya untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa. Model penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas model spiral Kemmis dan Mc Taggart. Subjek penelitian ini yaitu kelas X IPS 2 SMA Negeri 6 Malang. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari dua siklus dan setiap siklusnya terdapat empat tahapan yaitu perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar obervasi keterlaksanaan pembelajaran lembar catatan lapangan dan soal tes pemahaman konsep berupa soal esai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan media pembelajaran Stellarium dalam pembelajaran geografi materi tata surya dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas X IPS 2 SMA Negeri 6 Malang. Nilai pemahaman konsep siswa meningkat dari pra siklus sampai siklus II. Nilai rata-rata pemahaman konsep siswa pada pra siklus yaitu 60 16 setelah dilakukan tindakan siklus I yaitu 64 9. Nilai rata-rata pemahaman konsep siswa pada siklus II yaitu 82 9. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan media pembelajaran Stellarium dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas X IPS 2 SMA Negeri 6 Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53699

Actions (login required)

View Item View Item