Pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan memecahkan masalah dinamika atmosfer kelas X SMA BSS Kota Malang / Ratida Febrina Rahaya Hidayat

Hidayat, Ratida Febrina Rahaya (2018) Pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan memecahkan masalah dinamika atmosfer kelas X SMA BSS Kota Malang / Ratida Febrina Rahaya Hidayat. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Febrina, Ratida. 2018. Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Dinamika Atmosfer Kelas X SMA BSS Kota Malang, Skripsi, Program Studi Pendidikan Geografi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Yusuf Suharto, M.Pd (II) : Dr. Didik Taryana, M.Si Kata kunci: Kemampuan Memecahkan Masalah, Model Problem Based Learning, Pembelajaran, Eksperimen, Kontrol Pendidikan saat ini perlu dilakukan peningkatan dalam model pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum 2013 yaitu model Problem Based Learning, penerapan model ini dapat menjadikan siswa lebih aktif, mengolah keterampilan informasi dengan baik, dan meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. Pada model ini siswa diberi suatu masalah yang ada pada kehidupan sehari-hari, mendiskusikan dengan kolompok, mengembangkan hasil kerja kemudian menganalisis dan mengavalusi proses pemecahan masalah. Kemampuan memecahkan masalah merupakan salah satu dasar yang harus dimiliki siswa, masalah yang dimiliki dalam kehidupan sehari-hari dari masalah kecil hingga masalah besar. Siswa lebih ditekankan dalam kemampuan memecahkan masalah agar lebih aktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan memecahkan masalah dinamika atmosfer kelas X SMA BSS Kota Malang, Rancangan penelitian ini adalah quasi experiment deisgn with posttest only yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Analisis data yang digunakan ialah uji t-test, subjek yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kelas X-Mia-1 sebagai kelompok eksperimen dan kelas X-Mia-2 kelompok kontrol. Pada kelompok diberi satuan pembelajaran yang sama misal tujuan pembelajaran, materi atmosfer, waktu, media dan evaluasi yang sama, hanya berbeda pada penerapan pembelajarannya. Kelompok eksperimen diberi pengajaran menggunakan Problem Based Learning, sedangkan kelompok kontrol diberi pengajaran dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa tes uraian yang terdiri dari 4 butir pernyataan dan 11 pertanyaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada perbedaan kemampuan memecahkan masalah kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata lebih tinggi dari kelas kontrol. Kelompok eksperimen nilai rata-rata 76,35, sedangkan kelompok kontrol memiliki nilai rata-rata 70,00. Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan memecahkan masalah dinamika atmosfer kelas X SMA BSS Kota Malang. Problem Based Learning sangat berpengaruh untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah siswa dan rata-rata siswa sudah memenuhi indikator yang sudah dijelaskan oleh guru.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53698

Actions (login required)

View Item View Item