Pengembangan buku teks geografi materi dinamika hidrosfer dan dampaknya terhadap kehidupan model buku regions / Maya Safitri - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan buku teks geografi materi dinamika hidrosfer dan dampaknya terhadap kehidupan model buku regions / Maya Safitri

Safitri, Maya (2018) Pengembangan buku teks geografi materi dinamika hidrosfer dan dampaknya terhadap kehidupan model buku regions / Maya Safitri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Safitri Maya. 2018. Pengembangan Buku Teks Geografi Materi Dinamika Hidrosfer dan Dampaknya terhadap Kehidupan Model Buku Regions Jurusan S1 Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang Pembimbing (1) Dr. Budi Handoyo M.Si. (2) Drs. Djoko Soelistijo M.Si. Kata Kunci pengembangan buku teks geografi regions Pengembangan buku teks dilatarbelakangi kelemahan dan kesalahan yang masih ditemukan dalam buku teks geografi. Kelemahan dan kesalahan tersebut diketahui setelah dilakukan analisis terhadap buku teks geografi penerbit Mediatama (2015) pada materi dinamika hidrosfer dan dampaknya terhadap kehidupan. Kelemahan dan kesalahan terdiri dari (1) isi (konten) buku teks didominasi fakta/data (2) kesalahan penggunaan tanda baca dan kosa kata (3) susunan kalimat dan paragraf yang tidak tepat (4) kesalahan konsep dan (5) ilustrasi yang tidak berfungsi. Pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk buku teks geografi materi dinamika hidrosfer dan dampaknya terhadap kehidupan untuk SMA/MA kelas X yang didesain dengan model buku Regions. Pemilihan buku model buku didasari dengan standar kelayakan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) meliputi (1) materi (2) penyajian (3) kebahasaan dan (4) ilustrasi. Pengembangan buku teks ini mengikuti langkah pengembangan Borg dan Gall yang dimodifikasi kemudian dipilih delapan langkah sesuai dengan kebutuhan yaitu (1) menganalisis kesalahan dan kelemahan buku teks geografi penerbit Mediatama (2015) pada materi dinamika hidrosfer dan dampaknya terhadap kehidupan (2) memilih model buku acuan dalam pengembangan (3) menyusun draft buku teks (4) validasi buku teks oleh ahli materi dan media (5) revisi darft buku teks (6) uji coba lapangan (7) revisi (8) diseminasi. Hasil uji coba lapangan menunjukkan nilai rata-rata siswa terhadap tes pemahaman materi dinamika hidrosfer dan dampaknya terhadap kehidupan mencapai 80 38. Hal ini lebih dari Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) mata pelajaran geografi di SMAN 2 Batu. Merujuk pada kriteria tingkat pemahaman yang diadaptasi dari Akbar (2013) skor tersebut dapat dikategorikan sangat baik. Oleh karena itu produk buku teks layak digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53697

Actions (login required)

View Item View Item