Pengaruh model pembelajaran group investigation dan gaya kognitif terhadap kemampuan pemecahan masalah mahasiswa / Nur Cholis

Cholis, Nur (2018) Pengaruh model pembelajaran group investigation dan gaya kognitif terhadap kemampuan pemecahan masalah mahasiswa / Nur Cholis. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Cholis, Nur. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Group Invesstigation dan Gaya Kognitif Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Mahasiswa. Tesis, Program Magister Pendidikan Geografi Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Budi Handoyo, M.Si (II) Dr. Singgih Susilo, M.S, M.Si. Kata Kunci: group investigation, gaya kognitif, kemampuan pemecahan masalah. GI memiliki keunggulan dalam memperbaiki hasil belajar maupun proses pembelajaran. Model pembelajaran tersebut terbukti berpengaruh terhadap hasil belajar maupun aktivitas belajar. Namun pengaruh tersebut masih terbatas pada mata pelajaran geografi, sementara pengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah dalam perkuliahan belum diketahui. Selain itu model pembelajaran yang dipilih tidak melihat karakteristik peserta didik, salah satunya adalah gaya kognitif. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pengaruh model pembelajaran group investigation terhadap kemampuan pemecahan masalah mahasiswa, (2) mengetahui pengaruh gaya kognitif terhadap kemampuan pemecahan masalah mahasiswa, (3) mengetahui interaksi antara model pembelajaran group investigation dan gaya kognitif terhadap kemampuan pemecahan masalah mahasiswa. Rancangan penelitian ini menggunakan quasi eksperiment dengan desain faktorial 2x2. Subyek penelitian adalah mahasiswa prodi pendidikan Geografi offering A dan K. Data didapatkan dari tes GEFT untuk gaya kognitif, soal pretest posttest untuk kemampuan pemecahan masalah. Analisis data menggunakan two way ANNOVA dengan bantuan IBM SPSS 23.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) ada pengaruh model pembelajaran group investigation terhadap kemampuan pemecahan masalah mahasiswa, (2) ada pengaruh gaya kognitif terhadap kemampuan pemecahan masalah mahasiswa, (3) ada interaksi antara model pembelajaran group investigation dan gaya kognitif terhadap kemampuan pemecahan masalah mahasiswa. Berdasarkan temuan penelitian yang telah dilakukan diajukan dua saran. Pertama, model GI mampu diterapkan dengan baik apabila peserta didik yang dihadapi merupakan peserta didik berkategori field dependent. Kedua, bagi peneliti selanjutnya diharapkan mampu menyempurnakan penelitian yang telah dilakukan dengan memilih variabel mengenai karakteristik-karakteristik peserta didik yang lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53696

Actions (login required)

View Item View Item