Penerapan model problem based learning berbantuan mind mapping untuk meningkatkan motivasi dan kemampuan berpikir kritis siswa SMAN 1 Genteng Kab. Banyuwangi / Hafadzoh Arifni

Arifni, Hafadzoh (2018) Penerapan model problem based learning berbantuan mind mapping untuk meningkatkan motivasi dan kemampuan berpikir kritis siswa SMAN 1 Genteng Kab. Banyuwangi / Hafadzoh Arifni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Arifni, Hafadzoh. 2018. Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Mind Mapping Untuk Meningkatkan Motivasi dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMAN 1 Genteng Kab. Banyuwangi. Skripsi, Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Sumarmi, M.Pd, (II) Purwanto, S.Pd, M.Si. Kata Kunci: problem based learning, mind mapping, motivasi, berpikir kritis Motivasi belajar yang tinggi sangat diperlukan untuk siswa dalam setiap proses pembelajaran. Motivasi yang rendah dapat mempengaruhi kemampuan berpikir siswa. Motivasi belajar siswa rendah terlihat ketika dilakukan wawancara dengan menggunakan indikator motivasi (Attention, Relevance, Confidence, dan Satisfaction), hasilnya menyatakan bahwa, siswa kurang termotivasi untuk belajar geografi. Ketika tes akhir banyak siswa yang masih remedial karena nilainya kurang dari Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Untuk memecahkan masalah pembelajaran tersebut maka dianalisis, salah satu model pembelajaran geografi yang dapat digunakan adalah Problem Based Learning yang akan dipadukan dengan Mind Mapping. Dengan model pembelajaran Problem Based Learning dipadukan dengan Mind Mapping diharapkan mampu untuk meningkatkan motivasi dan kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI IPS 2 SMAN 1 Genteng. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari tiga pertemuan. Dalam penelitian ini, peneliti terlibat langsung di dalam seluruh proses penelitian mulai dari perencanaan, penyusunan bahan ajar, pelaksana, pengumpul data, dan penganalisis data. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi keterlaksanaan model pembelajaran, lembar tes kemampuan berpikir kritis, serta lembar kuesioner motivasi belajar siswa. Tes kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar dinilai berdasarkan indikator kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajara problem based learning berbantuan mind mapping ini dapat meningkatkan motivasi belajar dengan nilai rata-rata sebesar 69,3 pada siklus I dan mengalami peningkatan nilai rata-rata motivasi sebesar 81 pada siklus II. Sedangkan untuk kemampuan berpikir kritis siswa nilai rata-rata pada siklus I sebesar 70,8 dan mengalami peningkatan nilai rata-rata sebesar 79,8 pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model problem based learning dipadukan dengan mind mapping dapat meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI IPS 2 SMAN 1 Genteng Kabupaten Banyuwangi. Berdasarkan kesimpulan di atas, dapat disarankan beberapa hal sebagai berikut: (1) bagi guru geografi, sebaiknya memanajemen kelas dengan baik agar pembelajaran efektif dan terlaksana semua sintaks dalam pembelajaran, (2) bagi peneliti selanjutnya, perlu melakukan evaluasi setiap selesai pembelajaran agar kekurangan dan kelebihan pembelajaran dapat menjadi bahan pertimbangan dalam pembelajaran selanjutnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53694

Actions (login required)

View Item View Item