Pengaruh model pembelajaran discovery terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas X MAN 2 Tulungagung ditinjau dari aspek minat terhadap mata pelajaran Geografi / Riski Nur Anisah

Anisah, Riski Nur (2018) Pengaruh model pembelajaran discovery terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas X MAN 2 Tulungagung ditinjau dari aspek minat terhadap mata pelajaran Geografi / Riski Nur Anisah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Anisah, Riski Nur. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X MAN 2 Tulungagung Ditinjau dari Aspek Minat terhadap Mata Pelajaran Geografi. Skripsi, Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Hadi Soekamto, S.H, M. Pd, M.Si. (II) Syamsul Bachri, S.Si, M.Sc, Ph.D. Kata Kunci: Model Pembelajaran Discovery, Kemampuan Berpikir Kritis, Minat terhadap Mata Pelajaran Geografi Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui: (1) pengaruh model pembelajaran discovery terhadap kemampuan berpikir kritis siswa, dan (2) pengaruh model pembelajaran discovery terhadap kemampuan berpikir kritis siswa ditinjau dari aspek minat terhadap mata pelajaran geografi. Metode yang digunakan adalah eksperimen semu (quasi eksperiment) dengan desain postest only control grup. Penelitian ini dilakukan pada dua kelas yaitu kelas eksperimen yang diberikan model pembelajaran discovery dan kelas kontrol yang tidak diberikan perlakuan model tersebut. Subyek yang diteliti adalah siswa kelas X IIS MAN 2 Tulungagung. Pemilihan subyek penelitian karena kedua kelas memiliki rata-rata nilai yang hampir sama. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal essai yang dapat mengukur kemampuan berpikir kritis siswa. Uji coba instrumen menggunakan validitas dan reliabilitas. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji-F dengan bantuan SPSS 16.0 for windows. Hasil penelitian diperoleh bahwa (1) model pembelajaran discovery berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa, dan (2) model pembelajaran discovery berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa ditinjau dari aspek minat terhadap mata pelajaran geografi. Dari hasil temuan pertama, analisis yang dilakukan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa diketahui bahwa nilai probabilitas adalah 0,00. Hasil tersebut menunjukkan nilai probabilitas 0,00 < 0,05 dengan kata lain hipotesis nol (H0) ditolak dan (H1) diterima. Hasil analisis yang dilakukan pada temuan kedua diketahui bahwa nilai probabilitas adalah 0,007. Hasil tersebut menunjukkan nilai probabilitas 0,007 < 0,05 dengan kata lain hipotesis nol (H0) ditolak dan (H1) diterima. Saran yang diajukan dalam penelitian ini yaitu: (1) bagi guru disarankan untuk menerapkan di kelas terutama pada mata pelajaran geografi, (2) bagi sekolah disarankan dalam penerapan model pembelajaran discovery dapat dilaksanakan di luar kelas atau sekolah, (3) bagi peneliti lanjut yang ingin melakukan penelitian yang serupa sarannya disarankan untuk dapat mengganti model pembelajaran discovery dikombinasikan dengan media tertentu seperti media video.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53693

Actions (login required)

View Item View Item