Ningtiyas, Yuni (2018) Penerapan model pembelajaran group investigation pada mata pelajaran Geografi untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah siswa kelas X IPS 1 SMA Laboratorium UM / Yuni Ningtyas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
vi RINGKASAN Ningtiyas Yuni. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation pada Mata Pelajaran Geografi untuk Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah Siswa Kelas X IPS 1 SMA Laboratorium UM. Skripsi Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Ardyanto Tanjung S.Pd. M.Pd. (II) Drs. Sudarno Herlambang M.Si. Kata Kunci group investigation kemampuan memecahkan masalah Kemampuan memecahkan masalah merupakan satu aspek yang sangat penting dalam pembelajaran termasuk pada pembelajaran Geografi. Selama ini pembelajaran Geografi masih bersifat konseptual. Pembelajaran hanya memberikan materi konseptual kepada siswa sehingga kurang adanya makna manfaat dan penerapan geografi dalam kehidupan sehari-hari siswa. Kemampuan memecahkan masalah siswa kelas X IPS 1 SMA Laboratorium UM masih rendah. Beberapa permasalahan terkait kemampuan memecahkan masalah siswa adalah siswa kurang dapat mengenali masalah tidak terbiasa mengerjakan soal-soal memecahkan masalah. Hal tersebut menyebabkan kemampuan memecahkan masalah siswa rendah. Model pembelajaran Group Investigation merupakan model yang tepat untuk mengatasi permasalahan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kemampuan memecahkan masalah siswa dengan menerapkan model pembelajaran Group Investigation. Rancangan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Rancangan penelitian tindakan kelas ini dilakukan dua siklus yang memiliki empat tahap dalam tiap siklusnya yaitu perencanaan pelaksanaan tindakan pengamatan dan refleksi. Di dalam penelitian ini peneliti berperan langsung dalam proses penelitian mulai dari perancang tindakan membuat rencana pelaksanaan pembelajaran guru pengumpul data penganalisisa penarik kesimpulan dan penyusun laporan hasil. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Group Investigation dapat meningkatkan kemampuan memecahkan masalah siswa. Rata-rata nilai kemampuan memecahkan masalah pada pra-tindakan adalah 50 45 kemudian meningkat pada siklus I menjadi 71 89 dan siklus II adalah 83 81. Persentase peningkatan pra-tindakan ke siklus I sebesar 40 51% dan siklus I ke siklus II sebesar 18 22%. Berdasarkan hasil temuan-temuan data dapat disarankan beberapa hal yaitu (1) bagi guru sebaiknya menerapkan model Group Investigation dalam proses pembelajaran dan materi yang sesuai karena dapat melatih dan meningkatkan kemampuan memecahkan masalah siswa (2) bagi sekolah Sekolah diharapkan menganjurkan kepada guru geografi untuk menerapkan model pembelajaran Group Investigation dalam materi yang sesuai dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran. (3) bagi peneliti selanjutnya hendaknya mengetahui kelemahan dan kelebihan dalam penerapan model GI perlu penyesuaian materi dengan penerapan model GI dan harus mampu mengatur waktu sehingga penerapan model GI dapat optimal dalam meningkatkan kemampuan memecahkan masalah.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 05 Jul 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/53691 |
Actions (login required)
View Item |