Pengembangan buku teks geografi bermuatan Al-Quran dan hadits materi Ketahanan Pangan, Industri, serta Energi Baru dan terbarukan / Ahmad Hidayatus Salfanil Farizy

Farizy, Ahmad Hidayatus Salfanil (2018) Pengembangan buku teks geografi bermuatan Al-Quran dan hadits materi Ketahanan Pangan, Industri, serta Energi Baru dan terbarukan / Ahmad Hidayatus Salfanil Farizy. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Farizy Ahmad Hidayatus Salfanil. 2017. Pengembangan Buku Teks Geografi Bermuatan Al Quran dan Hadits Materi Ketahanan Pangan Industri serta Energi Baru dan Terbarukan. Skripsi Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Budi Handoyo M.Si (II) Purwanto S.Pd M.Si Kata Kunci Pengembangan Buku Teks Al Quran dan Hadits Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan produk berupa bahan ajar Geografi. Pengembangan tersebut dilakukan karena pentingnya peran Al Quran bagi kehidupan terutama dalam proses pembelajaran. Pada kurikulum 2013 salah satu kompetensi yang harus dicapai yakni KI-1 menuntut agar pembelajaran memiliki nilai spiritual. Sedangkan bahan ajar buku teks yang beredar saat ini sangat sedikit ditemukan muatan nilai-nilai Al Quran. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan metode yang dikemukakan oleh Borg and Gall. Pengembangan dilakukan dengan melalui 7 tahapan. Secara garis besar pengembangan ini dimulai dari (1) Analisis kebutuhan (2) Perencanaan/pengumpulan data (3) Pengembangan Produk (4) Validasi para ahli (5) Validasi guru (6) Uji coba pemakaian (7) Produksi akhir. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket tanggapan dan penilaian siswa. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPS 2 MA Al Ma arif Singosari yang berjumlah 34 siswa. Hasil validasi oleh para ahli tersebut kemudian diujicobakan kepada guru dan siswa dengan menggunakan angket tanggapan. Hasil validasi yang diperoleh dari ahli materi yakni sebesar 72 5 % dari skor maksimal sarannya adalah perlu perbaikan terkait pengkorelasian ayat dengan materi pada BAB I. Hasil validasi oleh ahli bahasa yakni sebesar 90% dari skor maksimal sarannya adalah perlu perbaikan terkait cara mengutip ayat penulisan daftar pustaka harus alfabetic ejaan untuk sub BAB serta format penulisan judul BAB perlu diperbaiki. Hasil validasi oleh ahli Al Quran dan Hadits yakni sebesar 87 5% dari skor maksimal sarannya adalah perlu pengembangan untuk karya berikutnya. Sedangkan penelitian yang dilakukan di sekolah terkait kelayakan buku teks yang dikembangkan diperoleh skor persentase sebesar 89% dari rata-rata hasil tanggapan siswa. Sedangkan perolehan skor dari guru yakni sebesar 92 5%. Hasil angket dari siswa maupun guru menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan termasuk dalam kategori sangat layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53690

Actions (login required)

View Item View Item