Pengembangan lembar kegiatan siswa pada materi penginderaan jauh kelas XII SMA / Heni Puspita Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan lembar kegiatan siswa pada materi penginderaan jauh kelas XII SMA / Heni Puspita Sari

Sari, Heni Puspita (2018) Pengembangan lembar kegiatan siswa pada materi penginderaan jauh kelas XII SMA / Heni Puspita Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Sari Heni Puspita. 2017. Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa pada Materi Penginderaan Jauh Kelas XII SMA. Skripsi. Program Studi Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Hadi Soekamto S.H M.Pd M.Si (II) Ardyanto Tanjung S.Pd M.Pd Kata Kunci LKS Model Depdiknas 2008 penginderaan jauh Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) geografi pada materi penginderaan jauh ini dilatar belakangi oleh pembelajaran yang kurang efektif dan kurang sesuai dengan kompetensi yang harus dikuasai oleh siswa. LKS merupakan salah satu bahan ajar yang banyak digunakan di sekolah. Pada umumnya LKS yang digunakan di sekolah berisi materi dan latihan soal. Sedangkan materi penginderaan jauh bersifat prosedural yakni berupa urutan langkah untuk kegiatan interpretasi citra. Oleh karena itu penelitian dan pengembangan ini bertujuan menghasilkan lembar kegiatan siswa model depdiknas 2008 dengan menggunakan pendekatan saintifik pada materi tersebut. Secara garis besar isi Lembar Kegiatan Siswa (LKS) yang akan dikembangkan berupa petunjuk praktikum pada materi penginderaan jauh untuk tata guna lahan dan transportasi. Pengembangan LKS ini menggunakan model Borg and Gall (1983) yang dimodifikasi dari sepuluh langkah menjadi tujuh langkah yaitu (1) penelitian dan pengumpulan informasi (2) perencanaan (3) pengembangan produk awal (4) validasi ahli (5) revisi produk awal (6) uji coba lapangan dan (7) revisi produk akhir. Model Lembar Kegiatan Siswa (LKS) didasarkan pada panduan pengembangan bahan ajar oleh Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas Tahun 2008. Prinsip yang digunakan dalam menyusun kegiatan praktikum mengacu pada pendekatan saintifik. Uji coba produk dilaksanakan sebanyak dua tahap yaitu tahap validasi ahli materi dan ahli media serta uji coba lapangan pada 49 siswa kelas XII IPS SMAN 1 Lawang. Data yang dianalisis bersifat kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari saran dan rekomendasi ahli serta kritik dan saran dari subjek uji atau siswa. Sedangkan data kuantitatif diperoleh dari angket validasi materi dan ahli media serta angket respon dan nilai tes pemahaman siswa Rata-rata hasil validasi secara keseluruhan pada bagian materi dan media menunjukkan kriteria sangat layak dengan presentase tingkat kelayakan 89 75% (sangat layak). Dengan rincian prosentase kelayakan pada materi 87 % dan prosentase kelayakan pada media 92 5 %. Sedangkan hasil uji coba produk terhadap subjek uji lembar kegiatan siswa memperoleh tanggapan yang baik dengan prosentase rata-rata kelayakan sebesar 85 20% (sangat layak).Tingkat pemahaman siswa pada materi penginderaan jauh yakni 90 22 % (sangat baik) sedangkan rata-rata skor nilai yang diperoleh dari tes pemahaman yakni sebesar 89 08 (sangat baik). Berdasarkan hasil tersebut maka produk Lembar Kegiatan Siswa pada materi penginderaan jauh untuk tata guna lahan dan transportasi pada kelas XII SMA sangat layak digunakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 02 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53689

Actions (login required)

View Item View Item