Pengembangan media komik materi pembentukan tata surya sebagai buku suplemen mata pelajaran Geografi SMA kelas X / Yasinta Mujiariskasari

Mujiariskasari, Yasinta (2018) Pengembangan media komik materi pembentukan tata surya sebagai buku suplemen mata pelajaran Geografi SMA kelas X / Yasinta Mujiariskasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Mujiariskasari, Yasinta. 2017. Pengembangan Media Komik Materi Pembentukan Tata Surya Sebagai Buku Suplemen Mata Peljaran Geografi SMA Kelas X. Skripsi, Program Studi Pendidikan Geografi, Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Djoko Soelistijo, M.Si, (2) Dr. Singgih Susilo, M.S., M.Si. Kata Kunci: media komik, buku suplemen, tata surya Media pembelajaran adalah komponen penting untuk mendukung proses pembelajaran yang dapat merangsang perhatian dan minat siswa dalam belajar. Pembuatan media berupa buku suplemen dapat menjadi pilihan yang baik sebagai sumber belajar tambahan guna memperjelas materi bahan ajar yang telah disampaikan. Media komik sebagai buku suplemen dapat mendukung siswa dalam belajar dan memahami materi geografi yang bersifat konseptual dan abstrak seperti Teori Terbentuknya Tata Surya. Penggunakan media visual seperti komik dapat digunakan untuk memperlancar pemahaman dan memperkuat ingatan. Komik yang sengaja dirancang untuk tujuan pembelajaran jumlahnya masih sangat minim, oleh karena itu perlu adanya pengembangan komik sebagai media pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media komik sebagai buku suplemen yang dapat menarik minat siswa dalam belajar geografi serta membantu memahami materi dalam buku teks. Penelitian ini mengadadaptasi dari model pengembangan Borg & Gall yang dibatasi sampai dengan 7 langkah penelitian. Uji coba Lapangan dilakukan di SMA Negeri 1 Mejayan kabupaten Madiun kelas X IPS 3 pada 32 siswa. Validasi dilakukan pada validator ahli materi dan ahli media. Hasil data diperoleh dengan menganalisis data hasil ujicoba lapangan dan dta rekomendasi ahli materi dan media. Data diolah dengan menggunakan skoring skala likert dan teknik analisis persentase. Berdasarkan hasil uji coba media komik secara keseluruhan dapat diketahui bahwa media komik dikategorikan valid. Persentase tertinggi berada pada antusiasme siswa untuk belajar melalui media komik. Menurut pemaparan kriteria kelayakan, komik dinilai telah layak sebagai suplemen dan media pembelajaran. Hal ini menunjukkan bahwa media komik dapat diterima dengan baik oleh siswa dapat digunakan sebagai media yang mendukung proses pembelajaran siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53688

Actions (login required)

View Item View Item