Pengaruh model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) terhadap pemahaman konsep Geografi kelas XI SMA Negeri 1 Klakah Kabupaten Lumajang / Yulianto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) terhadap pemahaman konsep Geografi kelas XI SMA Negeri 1 Klakah Kabupaten Lumajang / Yulianto

Yulianto (2018) Pengaruh model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) terhadap pemahaman konsep Geografi kelas XI SMA Negeri 1 Klakah Kabupaten Lumajang / Yulianto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Yulianto. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) Terhadap Pemahaman Konsep Geografi Kelas XI SMA Negeri 01 Klakah Kabupaten Lumajang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Geografi Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Hadi Soekamto S.H M.Pd M.Si (2) Dra. Yuswanti AW M.Si Kata kunci Pembelajaran Kooperatif Model Two Stay Two Stray Pemahaman Konsep Peserta Didik Pemahaman konsep siswa dalam pelajaran geografi masih tergolong rendah. Dalam kegiatan diskusi kelompok selama ini belum pernah diterapkan diskusi yang membangun pengembangan pengetahuan peserta didik yang menyebabkan pemahaman konsep peserta didik kurang. Salah satu model pembelajaran yang bagus untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta adalah model pembelajaran Two Stay Two Stray. Kelebihan model pembelajaran TSTS peserta didik menjadi lebih aktif dalam proses pembelajaran dan meningkatkan minat belajar peserta didik sedangkan kekurangan model pembelajaran TSTS membutuhkan waktu yang lama dan persiapan yang matang oleh guru namun masalah tersebut dapat diatasi guru dengan mempersiapkan materi dengan matang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Two Stay Two Stray terhadap Pemahaman Konsep Siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu (quasi experiment) yang termasuk dalam penelitian kuantitatif dengan menggunakan Pre Test dan Post Test Group Design. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Klakah Kabupaten Lumajang dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas XI IS-2 sebagai kelas eksperimen dan XI IS-3 sebagai kelas kontrol. Tes digunakan untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep peserta didik setelah perlakuan pada kedua kelas. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu soal Pre Test dan Post Test yang terdiri dari tiga soal essay. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan uji-t dengan bantuan SPSS 16.00 for Windows. Hasil analisis data pada penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh model pembelajaran Two Stay Two Stray terhadap Pemahaman Konsep Geografi kelas XI SMA Negeri 1 Klakah. Berdasarkan hasil analisa menggunakan uji Independent t-test diperoleh nilai signifikan sebesar 0 001. Nilai rata-rata gain score kemampuan berpikir analitis siswa kelas eksperimen adalah 14 79 lebih tinggi daripada kelas kontrol sebesar 7 72. Sehingga model TSTS berpengaruh terhadap pemahaman konsep siswa. Saran yang dapat diberikan diharapkan memberi manfaat antara lain 1) sekolah disarankan menganjurkan kepada guru untuk menerapkan model TSTS dalam pembelajaran 2) guru disarankan menerapkan model TSTS sebagai alternatif pembelajaran dan untuk melatih kemampuan pemahaman konsep siswa 3) peneliti lanjut yang berminat melakukan penelitian serupa dapat menambah variabel dalam penelitian

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53687

Actions (login required)

View Item View Item